Minang Corner

Ziarah Makam Syekh Burhanuddin menjelang Ramadhan

Padang Pariaman, Prokabar – Suasana ramai sudah terasa di Makam Syekh Burhanuddin. Hiruk pikuk pedagang beserta jemaah yang berada di sekitar, menyatu. Takziah ke makam Syekh menjadi tradisi bagi masyarakat, khususnya Jamaah Satariyah.

Syekh Burhanuddin dikebal sebagai salah satu ulama besar yang mengembangkan Islam di Ranah Minang. Berbekal ilmu yang dipelajari di Mekkah, Syekh Burhanuddin menyebarkan muridnya hingga ke pelosok Sumatera Barat, hingga ke negeri jiran. Uniknya, ajaran dan ilmu Syekh masih diterapkan hingga sekarang.

Sebagai tanda penghormatan, dan peningkatan sisi spiritualitas, Jamaah Satariyah, jelang Bulan Ramadhan, rutin mengunjungi makam. Mereka membacakan doa, tahlil, tahmid di makan yang berada di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman.

Jamaah Satariyah tidak hanya datang dari Padang Pariaman dan Pariaman saja, namun juga dari provinsi tetangga. Bahkan tidak sedikit dari jamaah datang jauh jauh dari Malaysia dan Brunei, untuk bertakziah.

Seperti yang dilakukan Rahmad Yanto Tuanku Bagindo Basa, salah satu Tokoh Agama di Nagari Tandikek Mudiak. ia beserta 500 orang rombongannya sengaja datang ke makam. “Kami melaksanakan rangkaian ibadah seperti hafalan ayat, tahlil, dan sholat berjema’ah selama di lokasi” Kata Rahmad.

Selain kegiatan ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin menjelang Ramadhan (disebut juga bulan “Malamang”), pada Perayaan Idul Fitri, Idul Adha dan Bulan Safar, Jemaah Syatariah juga ramai berkunjung. (Rud)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top