Minang Corner

Pasar Ala Tempo Dulu Itu, Ya Pasar Van Der Cappellen

Tanah Datar, Prokabar – Udara yang sejuk membawa suasana segar di Minggu pagi. Ratusan orang sudah memadati pasar dengan tampilan suasana tradisional Minangkabau tempo dulu. Ya Pasar Van Der Capellen.

Pasar Van Der Cappellen terletak di kawasan bekas benteng jajahan Belanda tepat di jantung kota Batusangkar. Pasar ini hanya dibuka setiap minggu pagi.

Pasar ini menyuguhkan berbagai kuliner khas tradisional Minangkabau. Uniknya, di pasar ini anda tidak akan bisa berbelanja dengan tunai, melainkan harus menukarkan uang tersebut terlebih dahulu dengan berupa koin yang nilainya telah ditentukan oleh penyelenggara, yaitunya anak muda kreatif yang tergabung dalam Generasi Pesona Indonesia Tanah Datar.

Tidak hanya warga Luhak Nan Tuo, setiap minggunya, pasar ini selalu kedatangan tamu istimewa, seperti Kapolda Sumbar Irjen pol Fakhrizal dan rombongan, Praktisi dan Akademisi dan lain sebagainya.

Pada minggu (11/11), pasar Van Der Cappellen dikunjungi ratusan peserta Konferensi Nasional ke-5 Hukum Tata Negara yang kebetulan kegiatannya berlangsung di salah satu hotel berbintang di Kota Batusangkar.

Pakar Hukum Tata Negara UGM Zainal Arifin Mochtar, salah seorang pengunjung pasar digital ini mengungkapkan jika pasar Van Der Cappellen adalah pasar yang luar biasa, dimana di pasar ini setiap pengunjung dapat menemukan hal-hal yang baru.

Selain itu, di pasar ini juga dengan mudah ditemukan kuliner khas Sumatera Barat, khususnya kuliner Tanah Datar.

“Jika datang berkunjung ke Sumetera Barat, khususnya Tanah Datar jangan lupa mengunjungi pasar Van Der Cappellen. Di pasar ini kita bisa belajar dengan hal-hal yang baru, ada makanan khas Padang, permainan tradisional. Anda bisa datang kesini, nikmati hari minggu anda, sangat luar biasa,” ungkapnya didampingi pakar lainnya Refly Harun.

Nah, bagi anda yang ingin menikmati pasar dengan suasana ala Minangkabau tempo dulu, tak ada salahnya anda datang atau berkunjunh ke pasar Van Der Cappellen di Kota Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat.(eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top