Pemilu 2019

Mantap. Petugas KPPS Nagari Baringin Berpakaian Minang Tempo Dulu

Tanah Datar, Prokabar – Pemandangan unik terlihat di TPS 40 Kenagarian Baringin Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar saat pemilu serentak 2019.

Dimana, seluruh petugas KPPS, baik pria maupun wanita, melayani pemilih dengan pakaian ala Minangkabau tempo dulu.

Baju taluak balango bagi pria dan baju kuruang basiba serta penutup kepalanya bagi wanita, menjadi ciri khas petugas KPPS di TPS 40 ini. Lebih dari 1200 TPS di Tanah Datar, TPS 40 mungkin menjadi satu satunya TPS yang tampil unik dengan pakaian khas Minangkabau.

Nuria Ainoni/ ketua KPPS 40 Baringin mengatakan selain ingin tampil beda dengan TPS lainnya di Luhak Nan Tuo, berpakaian seperti ini juga sebagai bentuk upaya mereka melestarikan pakaian khas bundo kandung Minangkabau. Terlebih, saat ini sangat sulit ditemui kaum hawa yang mau berpakaian seperti yang mereka kenakan.

“Kami sebagai tim kompak untuk memakai kuruang bersuluk tanduk,” ucapnya

Nuria menambahkan, jika berpakaian ala Minang tempo dulu juga mendapat respon positif dari para pemilih. Ada yang berucap unik dan ada juga yang mengungkapkan kegagumannya kepada seluruh petugas KPPS TPS 40.

“Bagus juga ya pakaiannya, lain dari yang lain,” ujar Nuria sembari menirukan ucapan pemilih.

TPS 40 yang terletak di bangunan peninggalan belanda atau tepat di SMP 1 batusangkar juga menjadikan suasana pemilu 2019 di kenagarian Baringin semakin kental dengan suasana tempo dulu.

Selain melestarikan pakaian khas Minangkabau, dengan berpakaian seperti itu, setidak dapat menarik simpati masyarakat untuk menyumbangkan hak suaranya untuk pemimpin bangsa Indonesia 5 tahun kedepan. (eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top