Uncategorized

Bisa Berakibat Fatal, 4 Jenis Awan Ini Paling Ditakuti Pilot

Dibaca : 401

Jakarta, Prokabar – Tragedi hilangnya pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak, Sabtu (9/1) menyisakan duka mendalam dan rasa sedih luar biasa bagi banyak orang. Ada keluarga, sahabat, suami, rekan kerjanya ada di dalam penerbangan itu. Hingga hari ini, kepastian di mana letak pesawat tersebut belum juga diketahui.

Penyebab terjadinya kecelakaan pesawat sangat beragam, misalnya karena kondisi cuaca, kelalaian manusia, kondisi pesawat dan lainnya, termasuk kondisi awan.

Jika dilihat dari bumi, awan apapun bentuknya sama aja. Namun jika berada di udara, ada beberapa awan yang harus diwaspadai dan berbahaya bagi pesawat yang sedang terbang. Untuk Anda yang kerap bepergian menggunakan transportasi udara ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui agar tidak bingung jika saat di dalam pesawat, terjadi sedikit guncangan atau Pilot menyarakan kondisi siaga:

1. Awan Lenticular – Penyebab Turbulensi Hebat Untuk Pesawat

Awan Lenticular

Indonesia memiliki banyak sekali tantangan bagi Pilot, salah satunya adalah awan Lenticular. Bentuknya seperti UFO dan biasanya berada di atas puncak gunung. Awan ini terbentuk karena aliran udara yang melewati penghalang, misalnya pegunungan, yang menyebabkan terjadinya pusaran (eddie) yang membentuk awan ini.

Jika Penerbangan melewati gunung yang atasnya diselimuti oleh awan ini, maka para Pilot memilih untuk menghindarinya. Soalnya nih, jika nekat menerobos atau bahkan terbang di dekatnya saja, dapat menyebabkan turbulensi yang kuat bagi pesawat-pesawat yang terbang dekat dengan puncak pegunungan.

2. Virga – Fenomena Atmosfer Yang Berbahaya

Awan Virga

Ada banyak sekali sesuatu di udara yang kita mungkin tidak tahu sebelumnya. Salah satunya adalah fenomena atmosfer yang bernama Virga ini. Walaupun tidak terlihat mencolok sesungguhnya sangat berbahaya. Apa sih Virga itu?

Sederhananya, Virga adalah hujan yang tidak sampai jatuh ke bumi karena keburu menguap di atmosfer. Nah yang bikin bahaya, Virga membuat temperatur udara menjadi turun drastis dan menghasilkan turbulensi yang tidak biasa pada pesawat. Ini bisa bikin pesawat jatuh atau bahkan rusak saat di udara.

3. Awan Mammatus – Menjadi Pertanda Datangnya Cuaca Buruk

Awan Mammatus

Awan satu ini memang jarang ada di Indonesia namun bagi yang penerbangan jarak jauh ke luar negeri, para Pilot tentu waspada. Awan ini tidak hanya membuat pesawat terkena turbulensi namun juga menjadi pertanda datangnya cuaca buruk.

Jika nampak awan Mammatus maka badai dan hal buruk lainnya diprediksi akan datang. Mammatus berisi kristal es yang beku serta berbahaya.

4. Awan Comulonimbus – Awan Luar Biasa Besar

Awan Cumolonimbus

Kenapa awan ini bisa begitu berbahaya dan menjadi ancaman bagi pesawat yang sedang terbang di udara? Ini dia penjelasannya. Awan ini memiliki bentuk yang menjulang tinggi, tebal dan vertikal. Bentuknya hampir mirip seperti pusaran tornado dalam versi lebih besar lagi. Awan ini selalu muncul jika ada badai petir dan cuaca ekstrem yang terjadi di bumi.

Comulonimbus terbentuk karena atmosfer yang tidak stabil. Efek buruknya bagi pesawat yang tidak sengaja tabrakan dengan awan ini? pesawat akan terguncang bahkan rusak karena tersengat listrik. Awan ini yang paling sering membuat bencana. Karena awan ini merupakan satu-satunya awan yang dapat menghasilkan muatan listrik Tornado alias puting beliung dapat terbentuk hanya melalui awan ini. (*)

source : https://www.boombastis.com/


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top