Trending | News | Daerah | Covid-19

Lebaran2018

Ratusan Perantau Sungayang Pulang Basamo, Tiba di Kampung 11 Juni Esok

Dibaca : 875

Batusangkar, Prokabar . Sungayang, salah satu kenagarian yang terletak di Kecamatan Sungayang, Tanah Datar, Sumatera Barat. Sebagian besar penduduknya juga merantau ke berbagai kota di Nusantara ini, salah satunya ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

Jumlah perantau Sungayang diperkirakan mencapai 3.000 jiwa. Setiap tahunnya para perantau ini selalu melakukan kegiatan mudik atau pulang basamo dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri, tak terkecuali lebaran 2018 .

Khusus para perantau se-Jabodetabek telah berangkat menuju kampung halaman pada Sabtu sore, dan diperkirakan tiba di Sungayang pada 11 Juni.

Pulang basamo perantau Sungayang kali ini Pulang Basamo Akbar, karena dilakukan serentak dari berbagai daerah termasuk Pekanbaru, Padang, Jawa Tengah, dan lainnya.

“Kami berangkat dari Jakarta pada 9 Juni dan diperkirakan sampai di Sungayang 11 Juni,” ucap Ketua Panitia Pulang Basamo Tahun 2018 Persatuan Warga Sungayang (PWS) Jakarta dan sekitarnya, DR Mardhatillah Mardjohan, M.Sc., Ph.D.

Keberangkatan di pusatkan di depan Masjid Al Abrar Pejompongan Jakarta Pusat, dilepas Ketua PWS Jakarta dan Sekitarnya, Zulfadli, SH. Diperkirakan tiga puluhan mobil pribadi, secara berombongan dan terpisah, ditambah beberapa bus dengan jumlah ratusan orang akan berangkat pada sabtu sore. Setiap kendaraan dipasangi stiker dan para perantau menggunakan baju kaos yang didesign khusus oleh panitia.

Selain perjalanan darat, sebagian perantau juga menggunakan pesawat terbang yang diperkirakan akan tiba sekitar 12 dan 13 Juni esok.

Selama di kampung, berbagai agenda kegiatan juga telah dijadwalkan yang diawali dengan shalat tarawih di mesjid Baiturrahman, pawai obor takbiran keliling kampung, dilanjutkan paginya shalat idul Fitri esoknya dilaksanakan jalan santai, cerdas cermat, bazaar, serasehan dan acara puncaknya tanggal 17 Juni malamnya dilaksanakan malam hiburan dendang/Kim berhadiah yang dipusatkan di lapangan Bungo Setangkai Sungayang.

Sementara panitia di kampung juga akan menggelar kegiatan rutin tahunan seperti turnamen sepak bola Jordus cup dan berwisata bersama di puncak Gunuang Kasumbo, yang sudah dipercantik.

Rencananya rombongan perantau Sungayang akan kembali ke perantauan mulai 19 sampai 21 Juni mendatang. (Eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top