Pemilu 2019

KPU Tanah Datar Diserang, Polisi Amankan Seorang Provokator


“Polres Tanah Datar gelar simulasi pengamanan pemilu serentak tahun 2019”

Tanah Datar, Prokabar – Tidak terima dengan hasil penghitungan suara, puluhan orang serang KPU Tanah Datar, Jumat (22/03). Masa juga sempat bentrok dengan aparat kepolisian.

Pasukan anti huru hara dari unit sabhara Polres Tanah Datar dan satu mobil water canon diterjunkan untuk memukul mundur massa yang telah tersulut emosi. Satu orang yang diduga provokator diamankan polisi dalam peristiwa itu.

Kejadian ini bukanlah kejadian sebenarnya, melainkan simulasi pengamanan pemilu serentak tahun 2019 yang ditampilkan Polres Tanah Datar di hadapan Forkopimda di lingkungan Pemkab Tanah Datar di Lapangan Cindua Mato.

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan, jika simulasi sispam kota ini perlu dilakukan sebagai bentuk kesiapan petugas dalam mengamankan pemilu serentak 2019 serta menciptakan situasi yang kondusif.

 

Dalam simulasi tersebut, juga digambarkan kerawanan serta bagaimana petugas keamanan melayani masyarakat dan “orang gila” yang hendak mencoblos.

“Tadi kita dapat melihat bagaimana petugas mengamankan kerawanan yang sudah bisa disimulasikan. Tergambar tadi ada orang yang mengganggu dan itu kita bisa atasi dengan cara menurunkan pasukan Dalmas. Itu belum kita turunkan atau libatkan TNI. Jika telah kita libatkan, maka kekuatan kita dalam mengamankan pemilu akan lebih kuat,” ujar Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga menghimbau seluruh peserta pemilu, caleg dan simpatisan agar saling menjaga toleransi dan menghormati pilihan masing masing.

Selain itu, kepada para peserta pemilu diminta untuk tidak menyebarkan berita hoax atau bohong terutama dimedia sosial. Kapolrespun menegaskan jika, TNI dan Polri akan menjamin netralitasnya dalam pemilu serentak 2019 ini. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top