Kesehatan

Ini Penyakit yang Mendominasi Penyebab Kematian Petugas Pemilu 2019

Jakarta, Prokabar — Sebanyak 13 jenis penyakit ditambah kecelakaan menjadi penyebab meninggalnya petugas Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dari 13 penyakit itu, gagal jantung jadi penyebab terbanyak.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Oscar Primadi mengatakan dari 13 penyakit itu yang paling banyak adalah jantung. Kemudian infarct myocard, koma hepatikum, stroke, dan hipertensi

“Berdasarkan laporan dinas kesehatan di 24 provinsi hingga Minggu (12/5) pukul 15.00 telah diketahui gagal jantung terbanyak dengan jumlah 48 kematian. Diikuti stroke 24 kematian, dan infarct myocard 18 kematian,” kata Oscar yang dikutip dari website Kemenkes Rabu.

Lanjutnya, 10 penyakit lainnya yakni koma hepatikum tujuh kematian, respiratory failure sembilan kematian, hipertensi emergency tiga kematian, meningitis tiga kematian, sepsis enam kematian, asma 12 kematian, diabetes mellitus lima kematian.

Kemudian gagal ginjal delapan kematian, tunerkulosis (TBC) sembilan kematian, kegagalan multi organ delapan kematian, dan satu lagi disebabkan oleh kecelakaan sebanyak 15 kematian. Sisanya sebanyak 323 belum tersedia data yang lengkap.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI Bambang Wibowo mengatakan harus percaya pada dokter atau tenaga kesehatan di lapangan bahwa mereka sudah bekerja dengan sungguh-sungguh memberikan pelayanan saat penyelenggaraan Pemilu 2019.

Tenaga kesehatan ini yang bisa menentukan apa penyebab kematian tersebut dan kemudian kematian ini wajar atau tidak. Dan selama ini adalah (kematian) dilaporkan wajar.

“Artinya semua kematian yang terjadi ada alasan yang jelas tidak ada kematian yang misterius. Karena kalau dari sisi medis kalau tidak wajar petugas kesehatan harus lapor ke kepolisian untuk dilakukan tindak lanjut,” kata Bambang.

Bambang melanjutkan meninggalnya petugas Pemilu 2019 itu bisa dipicu oleh kelelahan. Artinya ada stressor yang bisa meyebabkan memperberat kondisi petugas Pemilu sehingga meninggal.

Tidak hanya faktor kelelahan, tapi ada faktor psikis yang menyebabkan pemicu penyakit yang diderita Petugas. Ia juga mengungkapkan ada juga penyakit penyerta yang mungkin sudah diderita korban tapi belum diketahui sebelumnya atau yang sudah diketahui seblumnya. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top