Trending | News | Daerah | Covid-19

Hukum

Hati yang Sejuk, Rusma Yul Anwar Sambangi Massa Aksi Demo di PN Padang

Dibaca : 1.4K

Pesisir Selatan, Prokabar – Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, Rusma Yul Anwar dengan hati yang sejuk dan senyum yang terpancar sambangi puluhan massa aksi demo di Pengadilan Negeri (PN) Padang kelas 1 A, Kamis (9/1).

Dimana, massa tersebut terdiri dari Aliansi Mahasiswa Pencinta Lingkungan Sumbar dan Forum Masyarakat Pecinta Lingkungan Sumbar.

Pedemo menuntut Hakim PN agar bijak sana memberikan putusan kepada terdakwa Rusma Yul Anwar, dalam dugaan kerusakan Mangrove di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT), Mandeh.

Nasrul Abit Indra Catri

Sidang kali ini beragendakan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sempat ditunda, karena Hakim ketua berhalangan. Dan sidang kembali digelar pada 23 Januari 2020.

Pantauan Prokabar. Com di lapangan, demo yang di lakukan Aliansi Mahasiswa Pencinta Lingkungan Sumbar dan Forum Masyarakat Pecinta Lingkungan Sumbar, dengan hati yang sejuk dan senyum terpancar, Rusma Yul Anwar turun langsung menemui pendemo yang rata-rata berusia muda.

Dengan hati yang sejuk, Rusma Yul Anwar melalui pendekatan dan komunikasi yang humanis dan empati terhadap para demonstran membuat pengunjuk rasa simpati dan membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Selanjutnya, Rusma Yul Anwar membuat para pendemo rasa simpati. Pasalnya semua pendemo dilempari senyuman nan tulus dan itu belum pernah terjadi pada pimpinan sebelumnya.

Rusma Yul Anwar, menganggap, mereka adalah saudara. Pemimpin itu pelayan masyarakat, tidak terkecuali warga yang demo pun harus disambut yang baik. mereka harus dipangku, dihargai dan mereka cukup senang serta puas, pemimpin yang merakyat, sangat menghargai aspirasi rakyatnya,” ujarnya.

“Saya upayakan pendekatan secara humanis kepada mereka agar tidak menimbulkan situasi yang memanas,” ujarnya.

Sementara, wakil bupati Rusma Yul Anwar, hanya menggapai santai aksi itu menurutnya, saya sangat paham dengan apa yang dilakukan para mahasiswa, mereka. Hanya sedang menggunakan saluran demokrasi.

“Saya hormati itu. Saya sedang memberi contoh, bahwasanya perbedaan pandangan tidak membuat kita harus bertengkar. Sebeb, hukum akan berjalan sesuai relnya,” ujar wabup dengan senyum.

Ia menambahkan, menghadapi dengan kepala dingin, komunikasi yang baik dan solutif serta dialog dari hati ke hati maka akan mudah dalam menyelesaikan persoalan.

Netizen menanggapi di akun Facebook Wawan Raok, pendemo tidak tau siapa yang didemonya, mereka menjawab, “kami hanya diajak, apa tujuannya kami tidak tau.”

Dalam akun yang sama, Nitizen lainnya, Hendri Arizon, para pendemo adalah orang bayaran.

Diikuti oleh Aris Sandri yang menyatakan, sangat bersahabat pak Rusma Yul Anwar. Menunjukan sosok yang terdidik dan mendidik.(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top