Daerah

Gawat! Dokter Spesialis Jantung Kosong, Pasien RSUD M. Zein Sulit Berobat

Pessel, Prokabar — Sejumlah pasien penyakit jantung mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). 

Pasalnya, awal Februari tahun 2019, dokter spesialis jantung kosong di RSUD M. Zein. Kondisi itu tentu berbanding terbalik dengan upaya manajemen untuk meningkatkan akreditasi rumah sakit. 

Salah seorang pasien penyakit jantung, Topik (41) mengatakan, warga yang mengidap penyakit jantung di wilayah Kabupaten Pessel, kini pasien hendak berobat ke RSUD harus berobat ke bagian penyakit dalam. 

“Kami sangat bingung, masa dokter spesialis jantung tidak ada di RSUD M. Zein. Jadi kami berobat kemana. Apakah pasien menunggu meninggal dunia dulu baru ada dokter spesialis jantung di RSUD M Zein ada,” ujarnya. 

Dirinya sangat kesal dengan kebijakan-kebijakan Pemerintah Kabupaten Pessel dan Direktur RSUD M. Zein, akibat belum adanya dokter spesialis. Padahal menurut Topik, idealnya rumah sakit harus memiliki dokter spesialis jantung satu orang.

Baktiar mempertanyakan, apakah Pemkab Pessel tidak memiliki anggaran untuk jasa dokter spesialis jantung. Padahal, pada tahun 2018, RSUD M. Zein masih memiliki dokter spesialis jantung.

Kabid Pelayanan Medis RSUD M. Zein Pessel, Yentis mengaku, khusus dokter spesialis jantung, mengundurkan diri, karena dokter ya lulus CPNS kamera. Namun untuk saat sekarang memang belum ada dokter sefesialis jantung.

“Dokter spesialis jantung lulus CPNS, untuk saat ini kosong, kalau pasien jantung berobat dipindahkan sementara ke penyakit dalam,” ujarnya. 

Kendati demikian, pihaknya akan bekerjasama dengan kedokteran Unand Padang.” Dan secepatnya kita akan lakukan kerjasama ini dengan pihak kedokteran Unand,” tutupnya. (Min)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top