Pemilu 2019

Bawaslu Sumbar Telusuri Dugaan Kepala Daerah tak Cuti Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin

Padang, Prokabar – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Barat (Sumbar) sedang menelusuri tiga kepala daerah yang diduga tidak mengajukan izin cuti mengikuti kampanye terbuka untuk calon presiden (capres) 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Padang, Selasa (9/4).

“Kami mendapatkan informasi dari Pemerintah Provinsi Sumbar bahwa ada tiga kepala daerah yang tidak mengajukan izin cuti mengikuti kampanye untuk capres 01,” kata Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumbar Nurhaida Yetti pada sosialisasi pengawasan Pemilu 2019 di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya menjadikan informasi tersebut sebagai informasi awal dan menelusurinya guna memastikan hal itu.

“Kami belum tahu persisnya karena penelusuran masih berjalan,” ucapnya.

Meskipun pihaknya telah mendapat informasi tersebut, namun ia enggan menyebutkan tiga kepala daerah di Sumbar yang tidak mengajukan izin cuti untuk mengikuti kampanye capres 01.

Ia menyampaikan informasi tersebut dirilis oleh Pemerintah Provinsi Sumbar satu hari setelah kampanye tersebut dilaksanakan.

“Apabila terbukti tidak mangajukan izin cuti maka sanksinya akan disesuaikan dengan perundang-undangan,” ujarnya.

Ia mengatakan seorang kepala daerah diperbolehkan untuk ikut kampanye, namun harus mengajukan izin cuti kepada pihak terkait.

Sebelumnya sebanyak 12 kepala daerah mengikuti kampanye terbuka untuk pasangan capres 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam konser “Jempolan Indonesia Maju” yang digelar di Danau Cimpago Kota Padang, Selasa siang.

Adapun kepala daerah yang mengikuti kampanye itu di antaranya Bupati Lima Puluh Kota, Bupati Dharmasraya, Bupati Sijunjung, Bupati Kepulauan Mentawai, Bupati Pasaman.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top