Pemilu 2019

Bawaslu Pessel, Terus Jaga Integritas Pemilu, Ini Kata Erman Wadison

Pessel, Prokabar – Tinggal menghitung hari, pesta demokrasi yang digadang-gadangkan di Republik Indonesia ini akan memuncak pada 17 April 2019.

Badan Pengawas Pemilu, sebagai lembaga independen untuk mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu tengah diuji.

Diuji integritasnya, diuji profesionalitasnya dan diuji untuk memastikan pelaksanaan pesta rakyat tersebut berjalan sesuai dengan amanah undang-undang No. 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Kedisplinan dan integritas sangat diperlukan. Baik displin dalam bekerja, disiplin dalam berkegiatan maupun disiplin waktu untuk melaksanakan tugas dan kewenangan,” kata Erman Wadison, Ketua Bawaslu Pesisir Selatan (Pessel) Senin (25/3) di Painan.

Ia menuturkan semakin dekat hari pemungutan suara, maka semakin banyak giat kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu dan disaat yang bersamaan banyak pengawasan yang wajib dilaksanakan.

Selain mengawasi kegiatan kampanye melalui metode pertemuan terbatas dan tatap muka, saat ini juga telah masuk pada jadwal rapat umum dan iklan media massa cetak dan elektronik peserta pemilu.

“Dan ini perlu kita awasi bersama. Kita berharap semua peserta pemilu dapat taat pada ketentuan-ketentuan yang mengatur pelaksanaan pemilu. Mana yang boleh dan mana yang tidak, ini perlu menjadi catatan penting seluruh peserta pemilu,” ujarnya.

Ia menambahkan, di Pessel sebelumnya Bawaslu melalui jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan telah sering melakukan pemberhentian kegiatan kampanye ilegal.

Disebut ilegal, karena tidak adanya Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang seharusnya diurus oleh Parpol peserta pemilu kepada pihak kepolisian.

“Ketika pengawas pemilu dibawah jajaran kita aktif melakukan pemberhentian kampanye ilegal ini. Nah sekarang sudah banyak parpol yang mengurus STTP untuk melaksanakan giat kampanye,” ujarnya lagi.

Namun, hal yang krusial Jelas Erman, pada hari pemungutan suara nanti, puncak keberhasilan Pemilu 2019 tersebut berada pada optimalisasi tugas dari Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

“Sebab, PTPS ini merupakan ujung tombak pengawasan dari seluruh pengawasan yang telah lalu. Kita perlu memperkuat semangat, kapasitas SDM dan Integritas dari seorang pengawas pemilu,” tutupnya.(min)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top