Hukum

Obrolan Peneliti (Opini) Kemenkumham, Bahas Peran Perempuan dalam Agenda G20

Dibaca : 732

Jakarta, Prokabar – Bersamaan dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Obrolan Peneliti (OPini) Kementerian Hukum dan HAM menggelar diskusi “Peran Nyata Perempuan dalam Agenda G20: Pembangunan Ekonomi Melalui Teknologi”.

Pemerintah Indonesia mengajak pemimpin negara dalam forum G20 untuk membangun ekonomi yang inklusif dengan cara memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan bahwa 64,5 persen pemilik UMKM adalah perempuan.

“Ini menjadi potensi yang besar untuk meningkatkan peran nyata perempuan dalam pemulihan ekonomi dunia. Meski begitu, fakta menunjukkan bahwa belum semua UMKM perempuan memiliki akses yang cukup ke ekosistem pembiayaan dan digital. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kesenjangan akses terhadap teknologi yang dialami oleh perempuan,” jelas Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Dr Sri Puguh Budi Utami membuka perbincangan.

Sebagai narasumber di acara yang dihelat secara daring ini OPini mengundang Nevey Varida A, SH, MH (Peneliti Balitbang Hukum dan HAM), Dr Femmy Eka Kartika Putri, M.Psi (Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng, M. Eng (Profesor Riset Bidang Teknologi Proses Elektrokimia Badan Riset dan Inovasi Nasional) dan Esti Khoerunnisa (Senior Project Coordinator di Krealogi by Du Anyam).

Menurut Nevey kesenjangan perempuan terhadap teknologi sesuai hasil penelitian ternyata dipengaruhi beberapa faktor.

“Faktornya adalah, perempuan memiliki motivasi yang rendah, tingkat pendidikan, pendapatan yang rendah (membuat perempuan memiliki akses yang rendah teknologi), keterampilan dan penggunaan (sebagian besar perempuan hanya sampai pada tahapan keterampilan operaional dan pengguna pasif,” sebut Nevey.

Sebagai syarat pemberdayaan perempuan dalam pergerakan UMKM, Dr Femmy Kartika Putri selaku Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyampaikan amanat dari Presiden Jokowi (disampaikan dalam acara G20 ‘Women’s Empowerment Kick-Off Meeting’.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top