Tips

6 Tips Cegah si Kecil Terhindar Dari Bahaya Luka Bakar

Beberapa tahun yang lalu, karena bermain petasan, Ageng Brahmana Aji (10 tahun), harus dirawat di RSUD Purbalingga karena mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Bahkan bagiantelinga dan jarinya harus di jahit karena petasan itu meledak saat ia belum melempar petasan tersebut. Atau kisah si kecil Muthia (5 Tahun), yang tiga jari tangannya terkena air panas saat ia tak sengaja menekan tombol merah dispenser di dalam rumahnya?

 

Berdasarkan dua kasus di atas, sudahkah Anda mempelajari tentang luka bakar? Seperti benda-benda apa yang bisa membayakan si kecil, ataujenis-jenis luka bakar, dan bagaimana pertolongan pertama yang harus Anda lakukan. Ayo kenali penyebab dan cara mengatasi luka bakar.

 

6 Tips Mencegah Agar si Kecil Terhindar Dari Luka Bakar

  1. Jangan biarkan si kecil bermain petasan/mercon tanpa pengawasan orangtua
  2. Jauhkan si kecil dari benda-benda berbahaya yang bisa kapan saja mengancamnya, seperti korek api, obat nyamuk, rokok, dan sebagainya.
  3. Bila hendak meninggalkan dapur (meski hanya sebentar), matikan api kompor. Jangan pernah meninggalkan anak sendirian di dapur ketika kompor menyala, meskipun hanya sebentar.
  4. Pastikan saluran listrik dan alat-alat listrik di rumah menggunakan pengaman dan jauh dari jangkauan anak.
  5. Sediakan obat atau krim khusus untuk mengatasi luka bakar ringan di kotak P3K. Jangan menggunakan sembarang “obat” seperti kecap dan pasta gigi karena jelas-jelas tidak efektif.
  6. Segeralah pergi ke klinik luka bakar atau rumah sakit jika anak mengalami luka bakar serius. Pastikan fasilitas dan sarananya lengkap agar si kecil bisa mendapatkan pelayanan yang memadai. (rsk)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top