Tips

Demam di Bulan Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Padang, Prokabar – Belakangan ini, sejumlah kawasan di Indonesia dilanda cuaca ekstrim tak terkecuali Sumatera Barat. Kondisi ini tak jarang mendatangkan penyakit yang umum seperti demam.

Demam yang juga bisa diakibatkan oleh infeksi virus, bakteri, dan kelelahan seringkali demam disertai dengan sakit kepala. Terlebih bagi umat muslim yang tengah berpuasa di bulan Ramadan, demam benar-benar bisa membuat tubuh lemas dan membuat tidak semangat dalam beraktivitas.

Bagi Anda yang seringkali merasa tersiksa akan hal ini, coba lakukan cara di bawah untuk mengatasi demam, seperti dilansir dari boldsky:

Minum banyak air
Ketika sedang demam, maka kepala Anda akan terasa panas. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi air saat sahur dan berbuka puasa untuk membantu mendinginkan kepala Anda. Anda bahkan lebih disarankan mengonsumsi teh hijau, sebab teh hijau memiliki sifat anti inflamasi dan anti virus di dalamnya yang bermanfaat untuk melawan infeksi penyebab demam dan sakit kepala.

Istirahat cukup
Istirahat yang cukup juga menjadi kunci untuk menyembuhkan penyakit Anda. Tidur selama beberapa jam mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Hindari kopi

Walaupun Anda disarankan untuk banyak minum air, namun minum kopi tidak disarankan untuk dilakukan ketika Anda sedang demam dan sakit kepala. Sebab kandungan kafein di dalamnya malah akan memperparah penyakit Anda.

Konsumsi sup
Saat sedang demam, Anda disarankan untuk banyak makan makanan sehat ketia sahur dan berbuka, salah satunya adalah sup. Sup yang mengandung bahan makanan sehat serta hangat sangat efektif untuk melawan pusing dan demam.

Berkumur dengan air garam
Tidak banyak yang tahu bahwa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam mampu membantu melawan pusing dan demam. Campuran kedua bahan ini mampu melawan virus yang menyebabkan Anda demam.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top