Ramadan

5 Cara Terbaik Menyambut Bulan Ramadan, Gembira yang Paling Utama


Meskipun  tahun ini masih diselimuti pandemi COVID-19, namun hal tersebut sedikitpun tidak mengurangi kegembiraan umat Islam dalam menyambut datangnya bulan suci penuh berkah itu.

Dibaca : 162

Padang, prokabar – Bulan suci Ramadan 2021 sebentar lagi akan datang. Meskipun  tahun ini masih diselimuti pandemi COVID-19, namun hal tersebut sedikitpun tidak mengurangi kegembiraan umat Islam dalam menyambut datangnya bulan suci penuh berkah itu.

Sebagai umat muslim yang taat, tentu segala persiapan menjelang Ramadan harus dilakukan. Selain membayar utang puasa tahun lalu, ada beberapa amalan penting lainnya yang lebih baik dikerjakan.

Itu semua, agar bulan Ramadan bisa dijalankan lebih berisi, tidak berlalu begitu saja dengan kosong. Umat muslim tak hanya mendapatkan rasa haus dan lapar belaka, tapi benar-benar mendapatkan Berkah, Rahmat, dan Magfirah dari bulan suci itu.

Seperti dilansir NU Online, ada beberapa amalan menyambut Ramadan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut di antaranya:

1. Niat Menyambut Bulan Ramadan dengan Suka Cita
Tak ada persiapan yang lebih utama dan terbaik menyambut Ramadan, selain dengan bergembira penuh suka cita. Karena, bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan adalah sebuah berkah dan nikmat besar dari Allah.

Ramadan merupakan bulan ketika pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Tak heran bila Rasulullah, para sahabat, dan ulama menyambut Ramadan dengan gembira dan melepasnya dengan kesedihan.

2. Memperbanyak Ibadah Sunah
Untuk menyambut bulan penuh berkah, Rasulullah senantiasa memperbanyak ibadah sunnah termasuk puasa sunnah. Bahkan disebutkan dalam salah satu hadis bawa Nabi Muhammad lebih banyak berpuasa di bulan Sya’ban di banding bulan lainnya selain dari puasa wajib puasa Ramadan.

Dari Aisyah Rahiyallahu ‘anha, beliau menuturkan:
“Rasulullah biasa mengerjakan puasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah tidak berpuasa, dan beliau biasa tidak berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah berpuasa. Akan tetapi aku tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa di bulan Sya’ban” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Perbanyak Zikir
Salah satu keistimewaan di bulan Ramadan adalah diampuninya dosa-dosa. Beristigfar sebanyak mungkin termasuk langkah sederhana yang dapat menghapus dosa di masa lalu. Selain itu, berzikir dan berselawat juga dapat menambah amalan baik di bulan suci Ramadan.

4. Saling Memaafkan
Amalan menjelang bulan Ramadan yang selanjutnya adalah saling memaafkan. Untuk menyambut bulan Ramadan yang suci, tentunya kamu juga harus suci. Tidak hanya suci yang terlihat dari luar saja, namun juga suci dalam perbuatan dan jiwa.

Kamu mengenal hal ini dengan suci lahir dan bathin. Suci secara lahiriah bisa berarti membersihkan rumah serta halaman dan lain-lain. Sedangkan suci secara batiniah dapat diartikan sebagai salai memaafkan sesama muslim, terutama keluarga, tetangga, serta teman-teman.

5. Berziarah ke Makam Orang Tua
Berziarah memang hendaknya dilakukan rutin. Namun, sebelum datangnya Ramadan ada baiknya kita mempererat silaturahmi dengan keluarga maupun mereka yang sudah meninggal. Hal demikian juga bisa memperkuat iman kita dengan mengingatkan dengan kematian.

Marhaban ya Ramadan.


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top