Pemilu 2019

393 Personil TNI Polri Dikerahkan Amankan Pemilu Serentak di Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar – Sebanyak 393 personil kepolisian sektor Tanah Datar disiagakan untuk mengamankan jalannya pemilu serentak tahun 2019.

Seluruh personil tersebut akan disebar ke 956 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 14 kecamatan, 75 nagari dan 395 jorong di Tanah Datar.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan, sesuai amanat Menkopolhukam, dalam menyambut pemilu serentak 2019, Polri sebagai petugas keamanan akan bersinergi dengan TNI, tokoh masyarakat dan adat, tokoh agama serta ormas hingga penghitungan suara selesai dilakukan.

“Jumlah personil tersebut belum termasuk Linmas,” ujar Kapolres saat ditemui Prokabar.com usai Apel Pengamanan Pemilu 2019 di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Menanggapi potensi ancaman dan kerawanan, Kapolres mengatakan jika saat ini di seluruh kecamatan dan nagari di Luhak Nan Tuo dalam kondisi kondusif.

Meski demikian, pihak kepolisian tidak bisa menutup kemungkinan akan adanya ancaman-ancaman yang dapat mengganggu jalannya pemilu serentak tersebut.

“Selama apel tadi, kita telah menghimbau agar bersama-sama kita menciptakan situasi yang kondusif selama pemilu serentak ini,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutan Menkopolhukan RI yang dibacakan oleh Kapolres, dinyatakan masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyelenggaraan pemilu.

Polri melakukan pemetaan kerawanan pemilu yang diprediksi akan timbul di setiap daerah. Pemetaan kerawanan meliputi sisi penyelenggaraan dan sisi keamanan dan ketertiban masyrakat. Selain itu, pihak kepolisian juga diminta mengambil tindakan tegas sesuai dengan prosedur dan hukum. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top