Tips

​Cara Jitu Cari HP Android Hilang

Padang, Prokabar. Sehari tidak memegang handphone, rasanya ada yang kurang. Sambil duduk di kafe HP yang ditekan, di kantor sesekali curi-curi melihat pesan WA masuk. Sambil di WC, HP juga yang dilihat, sambil makan begitu juga. Lebih gawat, sedang membawa kendaraan, sempat juga melihat facebook atau instagram. Ah zaman sekarang benar benar tak habis pikir kita.
Lalu tiba-tiba berteriak “hah HP saya hilang dicuri”. Panik tak terkira. Paket data baru dibeli, semua nomor telepon di sana, data-data ada juga di sana, foto foto disimpan di galeri, termasuk foto simpanan, ehm. Dunia serasa kiamat, mengumpat tak habis habis.

Nah, sekarang tidak usah panik, HP yang hilang bisa dicari, tak perlu pakai orang pintar segala. HP android adalah telepon pintar, kita harus pintar mengelolanya.

HP Android pasti terhubung dengan email milik pengguna. Ini kuncinya, cobalah mulai sekarang jangan pernah melupakan email dan pasword yang digunakan. 

Sebelum HP Anda hilang, langkah pertama adalah pastikan pengaturan HP dalam akurasi tinggi. Caranya buka aplikasi setting/pengaturan/setelan lalu lokasi>ubah lokasi keakurasi tinggi.

Selanjutnya pastikan digmail itu hp terkoneksi dengan gmail. Buka aplikasi setting>lokasi>histori lokasi>ceklis nama device hp yg ingin ditautkan ke gmail.

Lalu pastikan Pengelola Perangkat Android aktif. Buka aplikasi setting, masuk ke keamanan pilih administrator perangkat, ceklis Pengelola Perangkat Android.

Setelah pengaturan itu selesai, tidak sulit mengetahui dimana lokasi HP kita yang hilang. Buka browser ketik Device Manager atau klik link ini https://www.google.com/android/devicemanager lalu masuk.

Lacak GPS nya, kalau ingin membunyikan hp klik “Deringkan”. Walaupun HP posisi silent, HP itu tetap berbunyi dengan suara keras.

Kalau ingin mengunci android klik kunci lalu masukan kata yg akan tampil, contoh “HP INI MASIH KREDIT TOLONG DIKEMBALIKAN”. lalu isi password, password untuk membuka layar. Kemudian masukan nomor hp yg tercantum di gmail atau di HP. 

 Cara kedua adalah jika lokasi tidak ditemukan ketika dilacak, mungkin  HP sudah dimatikan oleh pencuri, lihat histori lokasi terakhir perangkat berhenti. Buka browser lalu ketik “Histori lokasi google” atau  https://maps.google.com/locationhistory/b/0

Kemudian masuk,  dan pilih tanggal terkini supaya yang terlihat hanya pada hari kejadian HP hilang. Selanjutnya tinggal kemauan anda untuk menelusuri keberadaan HP yang ditunjukkan oleh GPS

Hati hati menggunakan HP, jangan sampai menarik perhatian pelaku kejahatan. Jika tidak perlu benar, tidak usahlah memegang HP. Apalagi hanya untuk gaya gaya an, paket data saja tidak ada. (eda)

*Diolah dari berbagai sumber

Berani Komen Itu Baik
To Top