Daerah

Tradisi MTQ Lestari Selama Dua Dekade di Kapuk Kalumbuk

Pemukulan gendang tandai dibukanya MTQ ke XX IPPKS

Dibaca : 218

Padang, Prokabar – Tradisi melaksanakan MTQ di bulan Ramadan dipertahankan penyelenggaraannya oleh ikatan Remaja Mushalla Istiqamah Kapuk Kalumbuk, bersama Ikatan Pemuda Pemudi Kapuk Kalumbuk dan sekitarnya hingga saat ini.

Penyelenggaraan sejak Tahun 2000 lalu, dalam perjalanannya kerap menemui banyak kendala, mulai dari pembiayaan, hingga peserta. Namun kekompakan pemuda di kampung kecil yang terdiri dari dua rukun tetangga ini membuat penyelenggaraan MTQ tetap berlangsung setiap tahun.

Kebersamaan panitia mulai dari menyiapkan panggung, mimbar mtq, dan menyebar undangan kepada peserta, membuat MTQ ini jadi buruan untuk diikuti oleh Masjid dan Mushalla setiap Ramadan tiba.

“Sejak tahun 2000, MTQ hanya gagal digelar pada tahun 2020 lalu, karena tak ada izin dari lurah kalumbuk, seiring dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar dan juga himbauan Walikota Padang,” sebut Ilham Rakerda Ediyul, pelaksana kegiatan, Sabtu (24/4).

“Terdapat tiga kategori lomba, masing masing, tilawah, tahfidz, dan Lagu Islami, dengan peserta dari Masjid dan Mushalla di Kuranji dan juga Kota Padang Umumnya,”sebut Fadli Islami panpel lainnya.

Pengurus Mushalla Istiqamah, Salman berharap MTQ mampu menghadirkan generasi muda yang mampu menerapkan isi Alqur’an di tengah tengah kehidupan masyarakat sehari-hari. Termasuk lahirnya penghafal Alqur’an yang handal dari kategori lomba Tahfidz.

Sementara Kabag Kesra Setko Padang Fuji Astomi, mewanti-wanti panitia seputar protokol kesehatan selama pelaksanaan MTQ ke 20 ini.

Pasalnya tekanan kepada Walikota Padang meningkat, seiring tetap dilanjutkannya Pesantren Ramadhan di tengah lonjakan Covid-19 di sumatera barat dan juga Kota Padang.

Anggota Dprd Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman meminta panitia dan peserta kedepan agar memperhatikan waktu pelaksanaan.

“Diusahakan agar penyelenggaraan tidak selesai terlalu larut, karena akan mempengaruhi imun tubuh.” imbau Evi Yandri. Ketua Fkan Pauh IX menambahkan, Terjaganya imun tubuh, membantu menekan penyebaran Covid-19.

Penyelenggaraan MTQ ke XX Iremusqi berlangsung sejak 23 April hingga 30 April mendatang.

(Adh)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top