Trending | News | Daerah | Covid-19

Pilkada

Ratusan Panwas TPS Bawaslu Pasaman Dilantik

Dibaca : 68

Pasaman, Prokabar — Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) seluruh TPS di Kabupaten Pasaman resmi dilantik. Pelantikan dilakukan secara serentak Panwas kecamatan

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, Rini Juita menyampaikan, PTPS yang dilantik sebanyak 707 orang. Semuanya ditugaskan melaksanakan pengawasan proses Pilkada di tingkat TPS, terhitung mulai tanggal 16 November hingga 16 Desember 2020 mendatang.

“Keberadaan PTPS menjadi instrument penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga dituntut PTPS yang aktif dan progresif, mengerti tugas, kewajiban dan wewenangnya,” terang Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, Senin (16/11).

Rini Juita juga mengatakan, tugas dan wewenang pengawas TPS ini meliputi pengawasan persiapan pemungutan serta penghitungan suara di TPS. “Mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, dan mengawasi pelaksanaan penghitungan suara. Kemudian menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” jelas Rini.

Bawaslu Pasaman meminta petugas PTPS ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik, menjaga integritas dan marwah lembaga. Demi terciptanya pemilihan yang berkualitas serta dapat di percaya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top