Daerah

Pohon Tumbang dan Luapan Air Hambat Akses Jalan di Tiga Titik di Agam

Dibaca : 424

Agam, Prokabar — Bencana alam berupa pohon tumbang dan luapan air terjadi di tiga titik lokasi berbeda, Rabu (10/3). Akibatnya, akses jalan sempat tertutup material pohon dan kerekel bebatuan.

Kejadian pertama, pohon tumbang berlangsung di Jorong Limo Sungai Jariang, Nagari Sungai Jariang. Kejadian berlangsung sekitar pukul 18.35 WIB, kondisi cuaca hujan disertai angin kencang. “Kami mendapat informasi dari pemerintahan nagari, ada kejadian pohon tumbang menutup akses jalan. Laporan itu langsung kami tanggapi ke lokasi. Sekitar pukul 21.30 WIB, material tuntas dibersihkan dan akses jalan sudah bisa dilalui,” terang Syafrizal, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Rabu malam (10/3).

Usai Pohon Tumbang, laporan bencana kembali didapat. Luapan air membawa material batu dan kayu terjadi di Sungai Rangeh, Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya. Kejadian telah berlangsung sekitar pukul 18.30 WIB.

“Kondisi curah hujan masih cukup tinggi disertai angin kencang. Membuat sungai kecil di daerah Sungai Rangeh meluap. Kejadian itu membuat akses jalan tertutup material kayu dan bebatuan. Sementara dua unit rumah warga dimasuk air,” terangnya.

Selain itu, satu ini jembatan tersumbat material kayu dan bebatuan. Membuat aliran air di sungai meluap melewati badan jalan. Serta satu unit polongan airlainnya juga mengalami rusak.

“Kami bersama Camat Tanjung Raya, Handria Asmi dan Pemerintahan nagari telah melakukan pendataan. Untuk penanganan air yang tersumbat dan polongan yang rusak sudah dikoordinasikan dengan PUTR Kabupaten Agam,” kata Syafrizal.

Tidak sampai Di sana, bencana kembali disambut saat hendak kembali ke posko. Pohon Tumbang kembali menutup akses jalan utama di Jorong Lubuak Sao, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya. sehingga jalur Manggopoh menuju Padang Luar itu tidak bisa dilalui. Kejadian berlangsung pukul 22.20 WIB.

“Kami bersama Satpol PP dan Damkar, Polri, TNI, TKSK, Pemerintah Kecamatan dan Nagari kembali melakukan goro pembersihan. Dan akses jalan kembali bisa dilalui,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top