Trending | News | Daerah | Covid-19

Politik

Pilkada, Isi Pesawat Kandidat Kepala Daerah Saja

Ilustrasi Kepala Daerah
Dibaca : 306

Padang, Prokabar – Ini musim pilkada. Akan ada 270 daerah ikut pesta ini pada 2020. Waktu tingal sedikit, maka semua bakal calon, bergerak ke ibukota. Maka jangan heran, pesawat mulai berisi. Isinya ya itu tadi, bakal calon dan timsesnya.

Ada 270 daerah akan pilkada di Indonesia. Dari angka itu, 9 gubernur, 224 kabupaten dan 37 kota. Jika ada lima calon tiap daerah, tiapnya membawa lima timses, karena urusan di Jakarta tidak gampang, maka berapa orang sekali terbang menuju Jakarta. Kira-kira ada 6.000 orang, potong saja seribu orang. Sisa 5.000 orang. Maka agak senang hati maspakai penerbangan.

Di Jakarta? Ke kantor DPP partai. Maka kondisinya akan antre panjang di kantor DPP yang tak seberapa itu. Sehebat-hebatnya orang, surat (SK) dari DPP partai untuk diusung dalam pilkada, wajib ada. Untuk mendapatkan surat itu, bukan pekerjaan gampang pula. Bisa berdempet gelombang. Bisa saling dahulu-mendahului, bagai mobil di jalan tol. Siapa cepat dia dapat. Walau sudah dapat, bisa dibatalkan pula.

Sumbar
——
Pengurus Nasdem Sumbar, Masful kepada prokabar, tadi menyebut, belum satupun SK yang dikeluarkan DPP untuk bakal calon untuk Sumbar. Pilkada 2020 akan diselenggarakan di sembilan provinsi, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah. Berikut Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Untuk Sumbar bakal calon yang mengapung, petahana Nasrul Abit bersama Indra Catri. Mulyadi bersama Ali Mukhni dan Mahyeldi dengan Audy Joinaldy. Calon independen, Fakrizal dan Genius Umar. Faldo Maldini dan Datuk Febby.

Kabarnya, Abid Aklfikri juga akan maju. Ada nama lain, Dony Moenek, Gusmal, Shadiq Pasadigue dan lainnya. (nrs)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top