Daerah

Perkuat Persatuan Organisasi Perantau, Muswil IV PKDP Provinsi Riau Digelar

Dibaca : 143

Pekanbaru, Prokabar – Berbagai cara masyarakat Minangkabau mempertahankan eksistensi budaya dan kebersamaannya. Memperkuat tali silahturahmi yang berada di daerah rantau dan bisa berkontribusi untuk kampung halaman nantinya.

Menghimpun kekuatan untuk tetap terjaga jalinan hati sehingga berdampak luas kepada kearifan budaya yang dimiliki. Seperti yang dilakukan Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Provinsi Riau ini.

Mereka yang mengadu nasip di 12 kabupaten/kota Se-Provinsi Riau, berkumpul melepas rindu “dusanak”, saudara, family, sahabat maupun perantau lain yang belum berkesempatan saling mengenal. Melanjutkan keberlangsungan organisasi atau paguyuban yang telah dirintis sejak 1957-an.

Ketua DPW PKDP Provinsi Riau, Haji Herman Nazar menjelaskan PKDP merupakan wadah pemersatu rumpun melayu Minang (Piaman atau Pariaman dan Padangpariaman).

“Kita adalah suku bangsa Indonesia, telah terlahir dari sejarah yang panjang. Rumpun melayu dengan perkembangan budaya yang cukup siginifikan. Sehingga melahirkan Tokoh Bangsa Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia,” tegasnya.

Sebagai salah satu suku bangsa nan berbudaya, perlu mempertahankan dengan memperkuat eksistensi diri. Sehingga berperan aktif terhadap kemajuan Negara Kesatuan Indonesia. Terus berkontribusi melanjutkan perjuangan Pahlawan Nasional berdarah Minang.

Dalam momentum Musyawarah Wilayah IV PKDP Provinsi Riau, di salah satu hotel berbintang di Kota Pekanbaru, mengangkat tema “Tulak Ansua Mancari Arah, Elok Suruik Indak Maurak, di Nan Rumik Kito Batenggang”. Bertolak angsur mencari arah tujuan, mengalah untuk menjaga keutuhan kebersamaan. Pada persoalan rumit, kita saling bertenggang rasa.

Cikal bakal lahirnya PKDP ini lanjutnya, lahir pada 1957 di Kota Pekanbaru, Riau. Namun secara lembaga dan terbentuknya ADRT PKDP terjadi pada 1967. Dan terus berkembang ke Kabupaten/Kota di Provinsi Riau hingga berlanjut ke Provinsi Se-Indonesia pada 1984. “Kini telah ada di berbagai belahan dunia seperti di Australia, Amerika Serikat, Asia dan Eropa,” tutupnya.

Pernyataan itu dibenarkan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur saat menghadiri agenda besar keluarga besar Piaman itu. Salah satu himpunan suku Minang terkuat di perantau merupakan PKDP. “Mari kita dukung dan perkuat jalinan silahturahmi ini. Mamiliah nan taciciak, mangumpuakan nan taserak. Perkuat persatuan dan kesatuan kita untuk membangun Piaman yang lebih baik,” tutupnya. (rud)

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top