Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Pemerintah Klaim 92 Proyek Strategis Nasional Telah Selesai

Dibaca : 191

Jakarta, Prokabar — Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan laporan kepada Presiden bahwa dari 223 proyek strategis nasional (PSN), yang sudah selesai adalah 92 proyek.

“27 proyek sudah tahap konstruksi dan mulai beroperasi, sedangkan yang 98 proyek dalam progres dari konstruksi itu sendiri (6 proyek masih tahap transaksi, red),” ujar Menko Perekonomian usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas), Jumat (29/5).

Menko Perekonomian juga menyampaikan bahwa ada program kebijakan pemerataan ekonomi dimana 3,96 juta lahan sudah tersertifikasi.

Nasrul Abit Indra Catri

“Legalisasi lahan transmigrasi sebesar 84.653 hektare. Kemudian perhutanan dan sosial itu 3,43 juta hektare dan 15.814 peremajaan perkebunan sawit. Dan juga tadi dilaporkan mengenai rencana revitalisasi penanaman sawit rakyat,” imbuh Menko Perekonomian.

Terkait dengan program ketenagalistrikan 35 gigawatt, Menko Perekonomian sampaikan 6.811 megawatt telah beroperasi di dalam konstruksi sebesar 20.168 megawatt.

“6.678 sudah memiliki Power Purchase Agreement/PPA. Kemudian 829 megawatt dalam tahap pengadaan dan 734 megawatt dalam tahap perencanaan,” kata Menko Perekonomian.

Lebih lanjut, Menko Perekonomian sampaikan bahwa kriteria proyek strategis ini mempunyai peran terhadap perekonomian, kesejahteraan sosial, dampak positif terhadap lapangan kerja, terhadap kegiatan sosial ekonomi masyarakat, dan juga sustainability daripada lingkungan hidup.

“Selaras dengan sektor-sektor lain, terutama pembangunan infrastruktur dengan kawasan industri, kawasan pertumbuhan ekonomi, kawasan wisata, dan proyek didistribusikan secara nasional,” ujarnya.

Selain itu, Menko Perekonomian jelaskan kriteria proyek juga mempunyai batas nilai investasi sekitar 500 miliar, walaupun ada proyek-proyek di bawah itu yang dianggap strategis dan juga masuk di dalam PSN ini. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top