Alek Kampuang

Pawai Obor, ingatkan perantau akan kampung halaman

Tanah Datar, Prokabar – Sambut hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Ribuan masyarakat dan perantau Sungayang, Kabupaten Tanah Datar melaksanakan kegiatan Pawai Obor . Pawai obor dilakukan keliling kampung dan terlaksana dengan meriah.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap tahun dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Alhamdulillah, malam ini masyarakat sangat antusias sekali,” ucap Walinagari Sungayang Izhar Rasyid di sela-sela pawai obor, Kamis (14/6).

Ia tambahkan, selain menyambut Hari Raya Idul Fitri, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut para perantau yang pulang Basamo (Pulang Bersama) saat Libur Idul Fitri di kampung halaman.

“Kedatangan perantau disambut meriah oleh masyarakat dan melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi, terbukti dengan banyaknya perantau yang ikut kegiatan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan, Supardi menyampaikan, sebanyak 3000 obor disiapkan dalam pawai malam ini. Alhamdulilah Dalam kegiatan ini terpakai sebanyak 2500 obor.

“Tujuan kegiatan ini kita laksanakan adalah dalam rangka menyambut hari Idul Fitri dan sekaligus menyambut para perantau warga Sungayang yang pulang basamo. Kita ingin para perantau rindu dengan kampung halamannya, makanya agenda ini kita gelar tiap tahunnya,” ujar Supardi.

Hal senada juga disampaikan salah satu perantau Denis yang ikut dalam pawai tersebut mengatakan, kami perantau selalu ingat kampung halaman, dan kangen dengan gema takbir yang mengingatkan untuk berada di kampung. Rasa persaudaraan dan kedamaian antar sesama masyarakat inilah yang memotivasi kami di rantau untuk libur lebaran di kampung, ungkapnya.

Ia juga tambahkan, selama lebaran di kampung kami bersama masyarakat juga akan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya jalan santai, cerdas cermat dan ditutup dengan malam hiburan berhadiah (Kim), ucapnya. (eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

To Top