Daerah

Hebat, Pemuda Palembayan Ini Bangun Kampung Halamannya

Agam, Prokabar – Armalicon (36) seorang pengusaha muda asal Gudang Muaro Tantang, Nagari Persiapan Salareh Aia Utara, Kecamatan Palembayan, Kabuaten Agam, membangun lapangan sepak bola seluas 1 hektar dan membuka jalan baru sepanjang 2 kilometer dengan lebar 5 meter. Menurut pengakuannya, hal itu sebagai bentuk pengabdiannya ke kampung halaman.

Menurutnya, komitmen tersebut dilakukan agar masyarakat mendapatkan kemudahan menjalankan aktifitas harian mereka. Minimnya akses jalan, membuat ratusan penduduk sulit membawa hasil pertanian sawit serta usaha pembuatan batu bata di kawasan tersebut. Dengan pembukaan jalan dan lapangan sepak bola itu, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian serta melahirkan bibit sepak bola baru.

Khusus untuk pembukaan jalan lingkar, berada di Kampuang Lua sepanjang dua kilometre, di Mauang Ilia sepanjang dua kilometre dan Gudang Muaro Tantang sepanjang 1 kilometer. Pembukaan jalan baru, telah dimulai sejak Maret sampai Juni 2019 lalu. “Pembebasan jalan telah aman tanpa ganti rugi dari pemilik lahan,” ujarnya, Minggu (16/6).

Pembangunan jalan diperioritaskan jalur penduduk dan lahan pertanian seperti sawah, sawit dan perkebunan lainnya. “Jalan baru itu akan membuka pemukiman baru pada penduduk, sehingga tidak membuat masyarakat telisolir lagi,”terangnya.

Tidak hanya itu, pemuda memiliki panggil “Ucok” tersebut juga membangun drainase di Batang Sapan Padang Koto Gadang, Nagari Salareh Aia sepanjang lima kilometre dan membangun lapangan sepak bola di Gudang Muaro Tantang.

Ucok diketahui merupakan pengusaha kontraktor dan alat berat. Ia dan keluarga besarnya memiliki banyak perusahaan yang membidangi pembangunan dan pengerjaan proyek. Selain itu, ia dan keluarga besarnya juga memiliki usaha lading sawit yang cukup luas. Sehingga rezki yang sudah didapat selama ini, sudah sewajarnya untuk membantu sesama. Terutama kampung halamamnya sendiri.

“Saya hanya berharap, pembangunan ini dapat dilanjutkan melalui anggaran pemerintah daerah nantinya. Karena pembangunan jalan tersebut sebagai langkah pembukaan saja. Kelanjutan nanti, saya usahakan melalui dana pokir yang didapatkan setelah menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Agam nanti,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top