Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Hebat, 1000 Anak di Tanah Datar Hafiz Alquran

Ilustrasi Hafidz Qur'an
Dibaca : 936

Tanah Datar, Prokabar – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali mewisuda 1000 Hafiz, minggu (14/10). Seluruh Hafiz tersebut berasal dari 146 rumah tahfiz di kabupaten Tanah Datar. Selain mewisuda Hafiz dan Hafizah, pemkab Tanah Datar melalui donatur juga memberikan reward berupa umroh gratis bagi Hafiz dan Hafizah yang mampu menghafal Alquran lebih dari 5 Juz.

Bupati Tanah Datar, Irdinasyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan, meski yang diwisuda saat ini sebanyak 1000 Hafiz, namun setiap tahunnya Tanah Datar melahirkan 6000 Hafiz. Angka ini berasal dari tanggung 2160 guru yang wajib membawahi 3 orang anak.

“Ini sudah ketiga kalinya kita menyelenggarakan wakaf 1000 hafiz. Istilahnya seribu, sebetulnya guru guru telah menciptakan 6000 hafiz, dan anak anak tersebut hafal 1 Juz setiap tahunnya” ucap Bupati.

Program ini merupakan program unggulan dan strategis pemerintah kabupaten Tanah Datar dalam mencetak anak anak yang islami dan mengenal Alquran. Pada wisuda selanjutnya pemkan berharap, anak anak dapat meningkatkan hafalan Alquran nya.

” Kita berharap, ditahun depan, anak anak yang baru hafal 1 Juz bisa menjadi 2 Juz atau 3 Juz,” harap Bupati.

Dengan bangga Bupati menyampaikan, awal kepemimpinannya di Tanah Datar bersama Wakil Bupati Zuldafri Darma, keberadaan rumah tahfiz hanya berjumlah 8 rumah tahfiz. Namun sekarang, jumlah tersebut telah bertambah hingga menjadi 146 rumah tahfiz yang tersebar hampir diseluruh kecamatan di Luhak Nan Tuo.

” Dalam 3 tahun ini, terdapat 146 rumah tahfiz, dan 8 diantaranya dibina lansung oleh pemerintah daerah dengan memberikan gaji kepafa gurunya,” tutur Bupati.

Sementara itu, ketua DPRD Tanah Datar menyampaikan dukungannya terhadap program wakaf 1000 hafiz oleh pemkab Tanah Datar. Meski demikian, legislatif berharap pembinaan rumah tahfiz diimbangi dengan pembinaan.

” Selaku pimpinan DPRD, Kami banyak mendengar, bahwasannya ketika yang menanam guru TPA, dan yang mengambil buahnya kita diwisuda tahfiz. Apa salahnya pembinaan diimbangi dengan pembiayaan, terutama guru honor dimasing masing TPA,” ucap Anton Yondra.

Anton berharap, adanya dana transportasi tambahan bagi guru hafiz di Tanah Datar, dan DPRD siap untuk menganggarkan di APBD kabupatrn Tanah Datar.

Namun sayang, acara formal yang dibiayai APBD Tanah Datar ini tercoreng dengan adanya kampanye terhadap salah satu calon anggota DPR RI yang hadir dilokasi wisuda anak anak hafiz tersebut. Selain dihadiri perantau dan forkopimda, kegiatan ini juga dihadiri beberala orang Caleg di DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Sebagai penutup kegiatan wisuda hafiz ini juga dilaksanakan tausiah yang disampaikam ustad Syahrul Arifin Nababan yang berkolaborasi dengan juara hafiz nasional Ahmad dan Kamil yang mampu menghafal 30 Juz Alquran.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top