Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Hari Peduli Sampah Nasional, Bank Sampah Hadir di Nagari di Kecamatan Lubuk Sikaping

Dibaca : 88

Pasaman, Prokabar — Bangkitkan rasa cinta tanah air melalui kepedulian lingkungan, Kecamatan Lubuk Sikaping peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Camat Lubukm Sikaping Nina Darmayanti melaksanakan apel dan lounching bank sampah nagari se-Kecamatan Lubuk Sikaping.

Selain itu, aksi memperingato HPSN ini juga diwarnai gotong royong bersih-bersih serta lomba ecobrik.

Dijelaskan Nina, dengan adanya bank sampah per nagari ini, diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih agar dapat membantu menangani pengolahan sampah di nagari.

“Bank sampah juga didirikan untuk menampung tabungan sampah masyarakat dan mengelolanya menjadi menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis bagi masyarakat nagari,” terangnya.

Dalam kegiatan ini, Camat Nina Darmayanti juga memberikan penghargaan kepada wali nagari atas partisipasinya melaksanakan Goro serentak di nagari, serta mengikuti penilaian lomba ecobriks.

“Lomba ecobricks adalah teknik mengolah sampah plastik menjadi sebuah benda yang bermanfaat, seperti sampah bahan ekonomi di masa pandemi,” katanya.

Sementara Walinagari Pauah Dedi Ramadani mengatakan, sampah bukan saja tanggungjawab pemerintah akan tetapi warga masyarakat pun ikut peduli terhadap lingkungan, namun kurang pedulinya warga terhadap lingkungan sehingga membuang sampah di sembarang tempat.

“Kebersihan lingkungan menjadi kebutuhan untuk menuju hidup sehat. Mudah-mudahan kedepan tidak ada lagi warga masyarakat yang buang sampah sembarangan apalagi di pinggir jalan,” pungkasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top