Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Dana Sertifikasi Guru di Pasaman Dipangkas Sebulan, Ini Sebabnya

Dibaca : 170

Pasaman, Prokabar — Tunjangan Profesi Guru (TPG) alias uang sertifikasi guru triwulan IV tidak dibayarkan penuh oleh Pemkab Pasaman. Dari tiga bulan yang ada, Oktober, November dan Desember, yang bisa dibayarkan hanya dua bulan.

Ini berdasarkan hasil rekonsiliasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang dituangkan dan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia nomor: 35/PMK.07/2020 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2020 dalam rangka penanganan pandemi corona atau menghadapi ancaman yang membahaya perekonomian Nasional.

Hal ini terjadi hampir di seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia, termasuk di Kabupaten Pasaman.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pasaman, Gunawan menjelaskan, adanya kekurangan bayar itu, akibat dampak pandemi covid-19, sehingga alokasi anggaran di APBN lebih banyak diarahkan ke penanganan wabah corona.

Dampak dari itu, akhirnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman pun terpaksa hanya membayarkan TPG triwulan IV untuk dua bulan yakni Oktober dan November sesuai dengan dana transfer yang tersedia di kas daerah, yang akan dibayarkan pada Desember 2020 nanti. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top