Trending | News | Daerah | Covid-19

Pilkada

Ciptakan Pemilu Jujur dan Baik, Ini Tips dan Trik Dari Bawaslu Pasaman

Dibaca : 205

Pasaman, Prokabar — Para pelaku dan penggiat seni di Pasaman jalin kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Kerjasama ini dituangkan dalam MoU yang ditandatangani bersama, Selasa (26/11). Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita menjelaskan, kerjasama ini dalam hal menyebarluaskan informasi untuk masyarakat agar mensukseskan Pemilu yang baik dan bersih melalui kegiatan seni yang dimainkan para pelaku seni.

“Selama ini kita mengkampanyekan tolak politik uang atau kampanye hitam dengan cara formal atau himbauan melalui media informasi. Kini kami mencoba, bagaimana masuk ke sisi pandangan dan fikiran masyarakat dengan cara lain, yaitu dengan seni. Seperti naskah atau syair tentang awasi Pemilu dan tolak politik uang atau semacamnya yang sengaja dibuat atau dinyanyikan oleh para pelaku seni saluang dangdut dan pelaku seni dikipano alias kesenian rabab khas Pasaman. Kami yakin, ini bakal berdampak positif,” kata Rini.

Diakui Rini, ada tiga kelompok seni yang bekerja sama dengan Bawaslu saat ini. Yakni, kelompok seni Saluang Dangdut, Talang Sarueh, Dikia Pano Ambacang Anggang dan Kelompok Silat, Benteng Murni.

Lebih lanjut, salah seorang komisioner Bawaslu, Kristian menambahkan, upaya mensukseskan Pemilu yang jujur dan baik, agaknya memang cukup sulit. Tidak saja di daerah-daerah, sulitnya menciptakan Pemilu yang jujur ini juga hingga tingkat negara.

Menurut Kristian, pada intinya untuk menciptakan Pemilu yang jujur dan baik, ada pada titik pribadi setiap pemilih.

“Harus dimulai dari diri sendiri dan dibekali nyali yang kuat. Percayalah, tidak ada cara efektif yang lain, selain memulai dari diri kita masing-masing untuk menolak politik uang atau kampanye hitam,” tukas Kriatian. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top