Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Begini Aksi Unik GSUI Ajak Masyarakat Berdampingan dengan Covid-19

Dibaca : 288

Jakarta, Prokabar – Pandemi covid-19 belumlah berlalu. Kini pemerintah mulai gencar mengajak masyarakat untuk kembali beraktivitas, hidup berdampingan dengan covid-19. Tentu saja dengan catatan lebih disiplin dan menjalankan protokol kesehatan.

Mendukung seruan pemerintah, Gerakan Seribu untuk Indonesia (GSUI) punya cara unik. Dua seniman di bidang seni lukis dan musik, Goes Noeg kembali bersinergi dengan musisi Ote Abadi.

Sebelumnya sinergi keduanya menghasilkan lukisan bertajuk ‘Deklarasi Kebangsaan’. Hasilnya, karya tersebut diserahkan GSUI kepada Masterpiece untuk dilelang.

Nasrul Abit Indra Catri

Sebagai persembahan selanjutnya, mereka menunjukan sinergi yang unik. Goes Noeg mengajak awak media yang hadir untuk turut berpartisipasi.

“Sekarang bukan kami saja yang bersinergi, tapi teman-teman media ikut berpartisipasi. Caranya gampang, hanya menempelkan potongan corak warna warni ke dalam kanvas. Tentu saja diiringi alunan musik dari Ote Abadi,” jelas Goes.

Ketika ditanya apa yang melatarbelakangi pembuatan seni collage (kolase) ini, Goes menyebut bila ide tersebut datang ketika melihat kondisi masyarakat sekarang ini.

“Sumber inspirasi datang ketika melihat kejadian new normal. Disebutnya ‘nggladrah’, artian dari bahasa Jawa nya adalah kondisi yang tidak tau aturan dan semau ‘gue’,” serunya.

Ditambah lagi iringan gitar elektrik petikan Ote Abadi menambah semangat Goes Noeg dan awak media menempelkan potongan kertas warna warni.

“Nggladrah, ayo kita mulai. Bebas silahkan menempel dimana saja. Biar nanti saya yang menyelesaikan di bagian framing,” serunya lagi.

Hanya beberapa menit saja, bentuk kolase selesai. Paduan warna warni disertai iringan musik melukiskan semangat Indonesia di masa pandemi ini.

“Sinergi ini memang sudah kita bicarakan sesuai kondisi sekarang ini. Semoga dapat menginspirasi masyarakat untuk berani berdampingan dengan covid-19,” ucap Harry ‘Koko’ Santoso, penasehat GSUI.

Hasil dari sinergi lukisan kolase dan musik menambah koleksi lukisan yang dipampang di posko GSUI. “Semoga pihak Masterpiece bisa turut membantu dalam proses lelang yang hasilnya untuk dikelola GSUI,” jelas Ida Bagus Charma menambahkan. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top