Politik

Bawaslu Agam Tertinggi Penanganan Kasus Pemilu 2019

Agam, Prokabar — Bawaslu Kabupaten Agam, melakukan evaluasi kerja beberapa waktu lalu. Salah satu lembaga Negara tersebut membeberkan data terkait hasil pemilu serentak 2019 lalu. Kegiatan dihadiri seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten Agam, bertujuan dapat dipublikasikan hasil pemilu selama 2019.

“Kegiatan ini merupakan suatu bahan evaluasi bagi kita untuk menghadapi pilkada serentak yang akan datang,”ujarnya kepada Prokabar.com, Rabu (18/9)

Dalam pelaksanaan pesta demorasi tersebut, terdapat 16 laporan dan 6 kasus. “Kabupaten Agam merupakan yang paling banyak temuan maupun laporan pada pemilu yang lalu,”ungkapnya.

Meski terbilang tinggi, kasus dan laporan tersebut seluruhnya telah ditindak lanjuti dengan aturan yang berlaku sehingga proses pemilu tetap berjalan lancar.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatra Barat, Surya Efitrimen menjelaskan di Bawaslu Provinsi Sumatra Barat sendiri mencatat dan menerima 132 Laporan dan 73 temuan pelanggaran di pemilu 2019. 10 laporan dan 6 temuan diterima langsung Bawaslu Provinsi Sumbar dari masyarakat, selebihnya diterima dari Bawaslu Kabupaten dan Kota.

“Dari seluruh temuan maupun laporan, Kabupaten Agam menjadi peringkat teratas dengan 16 laporan dan 6 kasus, diikuti Kabupaten Solok dengan 17 laporan dan 2 kasus. Kemudian, diikuti Kabupaten Pesisir Selatan di urutan ketiga dengan 10 laporan dan 2 temuan pelanggaran. Dari seluruh laporan dan temuan itu terdiri dari tindak pidana, pelanggaran kode etik dan permasalahan lainnya,” Pungkas Surya Efitrimen. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top