Dunia Perempuan

Mahasiswa KKN Panampuang Unand 2023 Membuat Filtrasi Air Sederhana di Masjid Mukhlisin Surau Labuah

Dibaca : 406

Agam, Prokabar – Masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak jarang masalah infrastruktur menjadi kendala dalam menjalankan aktivitas di masjid tersebut.

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi adalah kualitas air yang buruk, seperti yang terjadi di Masjid Mukhlisin Surau Labuah, Panampuang, Ampek Angkek, Agam. Air keruh dan berbau besi dapat mengganggu kenyamanan para jamaah serta berpotensi mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Panampuang Unand 2023 dibawah bimbingan Dr. Eng. Budi Rahmadya, M.Eng selaku dosen pembimbing lapangan, Etriwarmon, S.Pd selaku Wali Nagari Panampuang, dan Jorong Surau Labuah telah berkolaborasi untuk menciptakan solusi dengan membuat filtrasi air sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, Mahasiswa KKN Panampuang Unand 2023 telah merancang dan menerapkan solusi filtrasi air sederhana di Masjid Mukhlisin Surau Labuah.

Adapun beberapa mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan filtrasi air sederhana ini yaitu Daffa Fawnia Irma, Ahmad Rian, dan Heru Septria Wahyudi.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan:

Penentuan Desain Filtrasi: Mahasiswa melakukan penelitian dan identifikasi terhadap masalah kualitas air yang dihadapi. Kemudian, kami merancang filtrasi sederhana yang dapat digunakan dengan mudah di masjid.

Pengumpulan Bahan dan Pembuatan Alat: Mahasiswa mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti karbon aktif, batu malang, kerikil zeolit, dan media filtrasi lainnya. Kemudian, kami merakit alat filtrasi dengan susunan bahan yang tepat.

Pengujian Alat Filtrasi: Sebelum diimplementasikan di masjid, alat filtrasi diuji terlebih dahulu untuk memastikan efektivitasnya dalam menghilangkan kekeruhan dan bau besi dari air.

Implementasi di Masjid: Setelah alat filtrasi terbukti berhasil, langkah berikutnya adalah mengimplementasikannya di Masjid Mukhlisin Surau Labuah. Mahasiswa bekerja sama dengan pengurus masjid untuk memasang alat filtrasi di titik yang tepat dalam sistem perpipaan air.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top