Destinasi Wisata

7 Fakta Serunya Liburan di Pantai Tiram

Padang Pariaman, Prokabar – Sejak Grand Opening dan Grand Star Tour De Singkarak 2014 lalu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu, Pantai Tiram menjadi Booming dan sangat populer. Berbagai keindahan memanjakan mata yang berkunjung ke sana. Nah, bagi perantau yang pulang kampung maupun masyarakat hendak berlibur ke Wisata Kuliner Pantai Tiram, bisa menikmati beragam makanan khas Piaman disertai beberapa pemandangan indah di sini.

Berikut 7 alasan kenapa Pantai Tiram layak menjadi pilihan utama libur lebaran

1. Gulai Kepala Ikan Khas Piaman.

Sudah tidak diragukan lagi makanan khas Gulai Kepala Ikan disuguhkan pedagang Pantai Tiram ini. Enak, gurih dan memanjakan selera urang padang bana. Kelezatanya sudah tersohor dari berbagai daerah. Hmmm… Bagi pengunjung yang ingin merasakan kelezatannya, bisa langsung ke sini tentunya.

2. Keindahan Panaroma Hutan Mangrove dan Rawa Muara Tiram.

Keindahan panaroma hutan Mangrove dan Rawa Muara Tiram adalah kelebihan dari salah satu unggulan objek wisata ini. Bila cerah dan langit biru tanpa awan putih menghiasi bumi, maka Puncak Gunung Singggalang dan Merapi akan terlihat jelas. Beragam satwa liar seperti kera, bangau dan burung langka lainnya sering hinggap atas dahan rawa-rawa dan danau. Sehingga menjadi pemandangan menarik bila diamati.

3. Memiliki Mushala dan WC memadai.

Di sekitar lokasi, sudah dilengkapi beberapa mushala dan kamar mandi atau wc memadai. Memiliki petugas khusus menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung.

4. Penataan Parkir dan Tarif yang sesuai standar.

Setelah berulangkali dialok dan rapat khusus antara Pemda Padang Pariaman bersama Pokdarwis dan pemuda setempat, telah disepakati tarif parkir mobil Rp500 ribu dan motor Rp2000 rupiah. Adapun distribusi masuk juga dilakukan dari pintu masuk senilai.

5. Harga Menu Makanan dan Minuman sesuai standar dan Transparan.

Dinas Pariwisata Padang Pariaman juga telah sepakat dengan pedagang untuk menerapkan harga makanan dan minuman. Bila ada yang melanggar, 18 unit rumah makan di Pantai Tiram Tapakis tersebut akan dicabut rekomendasi untuk tidak menjadi tempat rujukan dari Pemerintah maupun pengunjung sebagai tempat yang aman dari kunjungan wisata. Pelaku rumah makan nakal tersebut juga akan diviralkan ke media sosial nantinya.

6. Telah Memiliki Akses Jembatan Permanen di Ujung Muara untuk menyeberang ke Pantai.

Sebelumnya, Jembatan Penyeberangan berada di dekat Mako Pol Airud Polres Padang Pariaman. Jembatan yang terbuat dari kayu dan dicat berwarna warni. Namun karena mengalami kerusakan, jembatan tersebut hampir tidak layak dilintasi, meski sudah diperbaiki melalui swadaya masyarakat. Jembatan baru juga sudah dibangun di sebelah ujung muara. Sedangkan jembatan yang lama akan diperbaiki tahun mendatang.

7. Mendapat dukungan penuh dari Pokdarwis, Pemuda, Satpol PP Dan Polisi.

Terkait keamaman, kenyaman dan ketertipan di lokasi tersebut sinergisitas semua pihak menjadi kunci kesuksesannya dari suatu objek wisata. Bila itu sudah terpenuhi, keamanan dan kenyaman
Pengunjung pasti akan terpenuhi. Koordinasi tersebut diharapkan dapat berjalan lancar sampai seterusnya. (rud)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Berikan Komentar

To Top