Trending | News | Daerah | Covid-19

Pendidikan

Universitas Bung Hatta PTS Terbaik se-Sumatra dan Raih Peringkat 83 Klasterisasi PT 2020

Dibaca : 803

Padang, Prokabar – Di tahun 2020 ini, Dirjen Dikti Kemdikbud RI secara resmi mengumumkan nama-nama dan peringkat perguruan tinggi secara nasional (18/8/20) melalui laman http://klasterisasi-pt.kemdikbud.go.id/.

Terkait dengan hal itu, Universitas Bung Hatta berhasil meraih Klaster III dan peringkat 83 secara nasional. Itu artinya, Universitas Bung Hatta berhasil masuk dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia dari 2000 lebih perguruan tinggi yang dinilai se-Indonesia.

Dari 97 perguruan tinggi se-Indonesia yang lolos ke Klaster III, Universitas Bung Hatta menduduki posisi ke-34. Keberhasilan ini dinilai dari input, proses, output, dan outcome.

Pencapaian ini tentu akan semakin memotivasi para sivitas akademika untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, pengbadian masyarakat, publikasi, kerja sama dalam dan luar negeri, dan keberhasilan dan kecepatan masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan.

Universitas Bung Hatta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia dibuktikan dengan banyaknya pilihan program studi.

Saat ini, ada 33 program studi yang telah memperoleh status Terakreditasi A dan B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jenjang pendidikan S-1, D-3, dan D4 terdiri atas 27 prodi. Sementara itu, jenjang pendidikan S-2 terdiri atas 6 prodi.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) memiliki 3 program studi (Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan); Fakultas Hukum (FH) memiliki 1 program studi (Prodi Ilmu Hukum); Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memiliki 8 program studi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer); Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dengan 3 program studi (Sastra Inggris, Sastra Indonesia, dan Sastra Jepang); Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) memiliki 5 program studi (Teknik Arsitektur, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Teknik Ekonomi Konstruksi, dan yang terbaru Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) ; Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan 2 program studi (Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan dan Budidaya Perairan); dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) pada tahun 2019 memiliki 5 program studi (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri,Teknik Kimia, dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan).

Universitas Bung Hatta juga telah memiliki 6 program studi di program pascasarjana: Program Studi Pengelolaan Sumberdayajip Perairan, Pesisir dan Kelautan (PSP2K), Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Arsitektur, dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Semua Program Studi ini telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Pada tahun 2018, Program Studi Budi Daya Perairan dan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT). Di tahun 2019, disusul oleh Prodi Teknik Sipil, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Akuntasi juga berhasil meraih akreditasi A dari BAN-PT.

Sementara itu, Prodi Quantity Surveyor (QS) FTSP (telah terakreditasi B) dan telah memperoleh akreditasi Internasional oleh Tim Akreditasi Royal Institution of Surveyors Malaysia (RISM).

“Kita saat ini sedang melakukan langkah percepatan akreditasi prodi untuk meraih akreditasi A. Diharapkan, dalam waktu dekat, minimal target 50 % prodi-prodi yang sudah memiliki akreditasi B akan memperoleh peningkatan status ke akreditasi A dan kedepan juga mengusulkan beberapa prodi untuk mendapatkan Akreditasi Internasional juga segera meningkatkan status akreditasi Institusi menjadi A,” kata Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni.

Dari segi tingkat pendidikan, kita patut berbangga dengan kualifikasi yang dimiliki oleh dosen Universitas Bung Hatta. 93 orang (31%) dosen Universitas Bung Hatta telah berpendidikan Doktor (S-3), 200 orang (60%) berpendidikan Magister (S-2). Mengenai jabatan fungsional dosen, hingga Tahun Akademik 2019/2020, Universitas Bung Hatta memiliki 6 Profesor, Lektor Kepala 68 orang, Lektor 119, Asisten Ahli 82 orang, dan Tenaga Pengajar 16 orang.

Harapan ke depan, sivitas akademika Universitas Bung Hatta mampu meningkatkan kedisiplinan, kejujuran, kualitas kerja, dan profesionalisme dosen, tenaga kependidikan, dan pimpinan unit satuan kerja. Di samping itu, perlu ditingkatkan kesantunan antara dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan pimpinan unit kerja; meningkatkan pendidikan nilai-nilai kebunghattaan kepada mahasiswa melalui penguatan pembelajaran Mata Kuliah Dasar Universitas, yakni “Kebunghattaan” dan integrasi nilai-nilai Kebunghattaan dalam mata kuliah; meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional dengan tema kebunghattaan.

“Indikator ketercapaian itu diukur dari pengembangan citra universitas, pengembangan akademik, pengembangan penelitian, pengembangan pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kebunghattaan,” kata Wakil Rektor I, Prof. Dr. Hendra Suherman.

Pendaftaran Gratis, Online, dan Tersedia KIP Kuliah

Untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran bagi calon mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021, Universitas Bung Hatta membuka layanan pendaftaran secara daring (online). Mahasiswa dari berbagai daerah tidak harus datang ke Padang. Cukup dengan membuka website http://www.spmb.bunghatta.ac.id untuk calon mahasiswa baru jalur reguler atau http://undangan.bunghatta.ac.id untuk mahasiswa baru jalur KIP-K. Meskipun termasuk universitas bergengsi, uang kuliah di Universitas Bung Hatta sangat terjangkau dalam rentang 5 hingga 7 jutaan.

Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mengikuti petunjuk yang tertera di website tersebut. Agar lebih memudahkan calon mahasiswa bertanya seputar perkuliahan, uang spp, dan registrasi, masyarakat dapat mengikuti instagram @universitasbunghatta.

Pendaftaran mahasiswa baru kelas reguler dibuka hingga 11 September 2020. Pendaftaran ulang ditutup paling lambat 17 September 2020. Sementara itu, perkuliahan direncanakan akan dimulai tanggal 21 September 2020.(*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top