Pendidikan

Unand Dorong Semua Prodi S1 Peroleh Akreditasi A

Padang, Prokabar — Kepala Lembaga Pengembangan, Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Andalas Yulia Hendri Yeni, menyampaikan bahwa Rektor menargetkan kepada LP3M untuk semua Prodi S1 memperoleh Areditasi A.

“Sedangkan S1 yang sudah memiliki S2 dimana S2nya memiliki Professor (Prof) dan Doktor (Dr) yang banyak juga ditargetkan Prodinya menyandang akreditasi A,” ungkapnya saat kegiatan lokakarya Hasil Audit Mutu Internal (AMI) 2018 yang berlangsung pada Selasa (16/4) di gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Kemudian ia juga mendorong Prodi S1 yang sudah menyandang akreditasi A untuk Internasionalisasi.

“Seperti diketahui saat ini Universitas Andalas mempunyai 3 Prodi yang sudah mendapatkan akreditasi Internasional yaitu, Pendidikan Dokter, Akuntansi dan Biologi dari ASEAN University Network Quality Assesment (AUN QA),” ungkapnya.

Selain dari tiga Prodi di atas Magister Managemen juga sudah mendapatkan akreditasi internasional yaitu The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21) pada Maret tahun lalu.

Lebih lanjut ia menyampaikan tahun depan akan ada 4 Prodi lagi yang akan di visitasi oleh lembaga yang sama yaitu ASEAN University Network Quality Assesment(AUN QA).

Disebutkannya keempat Prodi yang akan divisitasi tersebut tepatnya dibulan April 2020 nanti yakni, Managemen, Fisika, Farmasi dan Ilmu Ekonomi.

Setelah itu, ia juga mengungkapkan persiapannya yang sudah sangat lama dan akan divisitasi pada bulan Oktober untuk tiga Prodi di Fakultas Teknik mendapatkan akreditasi internasional yaitu Accredition Board for Engginering and Technology (ABET).

Ia juga mengungkapkan ada satu Prodi sedang dalam persiapan untuk ABEST21 yaitu S1 Agribisnis Fakultas Pertanian. “Karena ABEST21 ini khusus bagi Prodi-Prodi yang berbau bisnis,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan fakultas serta pascasarjana, pimpinan program studi (Prodi) dan juga dari Badan Penjaminan Mutu (BAPEM) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) serta unit lain lain yang ada dilingkungan Universitas Andalas.

Meskipun tidak semuanya datang, ia berharap nantinya kepada yang hadir dapat mensosialisasi kepada sesama fakultasnya ataupun fakultas lain mengenai kegiatan ini. (hum/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top