Trending | News | Daerah | Covid-19

Ramadan

Tunaikan Zakat Fitrah, Ini Besarannya Untuk Kabupaten Pasaman

Dibaca : 246

Pasaman, Prokabar — kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman menetapkan standar besaran zakat fitrah yang wajib di keluarkan oleh umat muslim jelang Idul Fitri tahun 2020 atau 1441 Hijiriah.

Adapun standar zakat fitrah per jiwa dalam bentuk uang untuk kategori beras kualitas super sebesar Rp32.500, beras kualitas menengah Rp27.500 dan beras kualitas biasa sebesar Rp25.000.

Keputusan itu ditentukan bersama Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Dinas Perdaginnaker Pemkab Pasaman, MUI, Baznas serta ormas Islam setempat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra mengatakan, penetapan standar zakat fitrah dalam bentuk uang disesuaikan dengan harga pasaran beras di daerah itu saat ini.

Lanjut Dedi menjelaskan, beras yang dibayarkan untuk zakat fitrah ialah beras yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat, itupun bagi yang ingin berzakat dengan beras. Namun, sebaliknya bisa juga membayar zakat fitrah dengan uang.

“Besaran zakat fitrah yang dibayarkan  menggunakan beras dengan besaran takaran 2,5 kilogram per jiwa. Maka akan didapat jumlahnya dari tiga kualitas tersebut dan bisa saja lebih tinggi dari kualitas pertama,” pungkasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top