Kesehatan

Tak Ingin Persulit Peserta UTBK, Unand Tidak Haruskan Bawa Surat Bebas Covid

Dibaca : 206

Padang, Prokabar  — Tidak ingin mempersulit para peserta Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pihak Universitas Andalas tidak menuntut peserta untuk membawa surat bebas Covid.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin mengatakan, UTBK yang dimulai pada tanggal 12 April akan menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang diterapkan pada tahun sebelumnya. 

“Mungkin untuk wilayah lain ada yang mengharuskan seperti itu (membawa surat bebas covid), dan itu tergantung pusat UTBKnya masing-masing,” jelasnya. 

Baginya, dalam pelaksanaan UTBK nanti tidak akan mempersulit peserta. Sebab itu, akan membebani peserta ujian. “Yang terpenting peserta dan penyelenggara tetap mengutamakan protokol kesehatan covid,” ujarnya. 

Protokol kesehatan nantinya mencakup mengukur suhu bagi setiap peserta, menyediakan hand sanitizer atau cuci tangan ketika mamasuki ruangan, peserta diwajibkan memakai masker, untuk kapasitas ruangan 50 % dari total kapasitas.

Dalam pengawasan juga melibatkan Petugas Medis atau Dokter dari Rumah Sakit Universitas Andalas kalau seandainya ada gejala dapat langsung dilakukan penanganan.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, secara tegas disampaikannya tidak menuntut peserta untuk membawa sertifikat vaksin atau bukti bebas covid, namun peserta diwajibkan memakai masker.

Prof. Mansyurdin juga mengimbau bagi peserta untuk datang langsung ke lokasi ujian tanpa singgah terlebih dahulu ke tempat lain, begitupun juga bagi pengantar untuk tidak boleh berkumpul atau berlama-lama di dalam lingkungan kampus.

Jadwal  pelaksanaan UTBK terbagi dua gelombang yakni gelombang I tanggal 12-18 April 2021 sedangkan gelombang II pada tanggal 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021.

Sedangkan untuk pengumuman SBMPTN sendiri akan diumumkan pada tanggal 14 Juni 2021 mendatang. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top