Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Sinergi Dua Seniman Ini, Bangkitkan Semangat Bangsa Indonesia

Dibaca : 543

Jakarta, Prokabar — Gerakan Seribu untuk Indonesia (GSUI) mengundang dua seniman legendaris di bidang seni lukis dan musik. Mereka adalah pelukis Goes Noeg dan musisi Ote Abadi.

Keduanya bersinergi menunjukan maha karya mereka secara langsung dihadapan awak media. Tiga lagu ciptaan Ote berjudul
‘Damailah Damai’, ‘Selamatkan Indonesia’, dan ‘Putera Puteri Bangsa Besar’ dinyanyikan diiringi petikan gitar.

Ketiga lagu bernafaskan perdamaian dan persatuan bangsa ini divisualkan dalam bentuk lukisan. Goes Noeg mulai menggoreskan cat berwarna warni di atas kanvas.

“Sinergi ini adalah pengalaman pertama kami. Biasanya berkolaborasi dengan sesama musisi, sekarang justru dengan maestro lukis seperti Goes Noeg,” ujar Ote Abadi mengawali perbincangan.

Hal senada pun diakui Goes Noeg yang sama sekali belum ada gambaran apa yang hendak dilukiskan di atas kanvas. Setelah mendengar tiga karya lagu Ote, Goes Noeg pun mulai menggerakan kuas ke dalam cat.

“Ide sinergi ini begitu cepat, baru kemarin dapat kabar. Hari ini langsung lukis. Sinergi ini memang sudah jalan bagi kami jelang perayaan hari kemerdekaan Indonesia tercinta,” sambut Goes Noeg.

Selama kurang lebih dari 20 menit, lukisan Goes Noeg diiringi tiga lagu Ote Abadi selesai sudah. Keduanya tampak bersemangat ketika masing-masing menjelaskan arti dari karya mereka.

“Di tengah bumi ada Indonesia (gambar bendera di tengah bulatan biru).Ini ada beberapa lambang agama di dunia. Ada arah cahaya spektrum ke atas itu adalah semuanya bersandar dan bergantung kepada-Nya,” beber Goes Noeg.

“Ada lempeng emas, segala keagungan bertuju kepada-Nya. Ada tujuh goresan emas artinya kehidupan kita ada tujuh hari, kenapa merah putihnya ada warna warni karena tidak serta merta berwarna itu saja, diperkaya dengan warna suku, agama, bahasa dan sebagainya,” jelasnya menambahkan.

Begitu juga dengan penjelasan Ote Abadi yang mengisahkan ketiga karya lagunya. “Semua lagu ini tercipta ketika melihat adanya pergeseran persatuan dan kesatuan bangsa. Lagu ini untuk mengajak bangsa kembali bersatu, bergotong royong demi Indonesia tercinta,” seru Ote Abadi.

Melihat dua karya yang ditampilkan dua seniman kawakan ini, Harry ‘Koko’ Santoso (penasehat GSUI) menyampaikan rasa terimakasih.

“Terimakasih kepada maestro Goes Noeg dan musisi Ote Abadi yang menunjukan sinergi yang luar biasa ini. Jelang kemerdekaan, harapannya bangsa Indonesia kembali bersatu. Terlebih di masa pandemi covid-19 ini, kita harus saling bantu.
(beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top