Kriminal

Simpan dan Edarkan Ganja, Satres Narkoba Tanah Datar Ciduk 3 Warga Batu Bulek

Tanah Datar, Prokabar – Penangkapan terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika Golongan I jenis daun ganja kering siap edar kembali dilakukan Satres Narkoba Polres Tanah Datar. Tiga orang tersangka, RF (35), ID (22), dan EA (50) diciduk di sebuah rumah pondok di Jorong Kawai Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara, Senin (17/6).

Penangkapan terhadap ketiga tersangka setelah aparat kepolisian mendapatkan informasi adanya peredaran dan penggunaan narkotika jenis ganja. Untuk mengungkap kasus tersebut, penyelidikanpun dilakukan aparat kepolisian.

“Petugas awalnya mengamankan ID di rumahnya di Jorong Ladang Laweh Nagari Batu Bulek, Lintau Buo Utara. Berdasaran keterangan ID, ia mengaku kepada petugas jika menjemput narkotika jenis daun ganja kering ke Tabek Patah Kecamatan Salimpaung atas perintah RF dan daun ganja tersebut telah diserahkan kepada RF,” ucap Kapolres Tanah Datar melalui Kasat Narkoba Iptu Yaddi Purnama.

Berdasarkan keterangan dari tersangka ID tersebut, kemudian petugas melakukan penangkapan terhadap RF. Dia diciduk petugas tepat di pinggir jalan di Jorong Kawai Nagari Batu Bulek Kec. Lintau Buo Utara.

“Setelah diamankan, RF mengaku jika daun ganja kering tersebut ia simpan di rumah pondok milik EA di Jorong Kawai Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara,” tambahnya.

Berdasarkan nyanyian RF pula, kemudian petugas melakukan pengambangan ke rumah EA. Tanpa susah payah, petugas kemudian mengamankan EA yang tengah duduk di depan rumah pondoknya untuk selanjutnya dilakukan penggeledahan oleh petugas.

“Di rumah EA ditemukanlah 10 (sepuluh) paket narkotika jenis daun ganja kering yang telah dipak dengan plastik warna hitam yang dibungkus plastik bening dan dikemas dalam kantong plastik warna belang biru merah, siap diedarkan,” ucapnya.

Selain mengamankan 10 paket ganja kering siap edar, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti lainnya seperti timbangan, gunting, kantong plastik dan handphone.

Kini, ketiga tersangka telah mendekam di sel tahanan mapolres Tanah Datar untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Ketiganya dinyatakan melanggar Undang Undang Narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.(eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top