Pendidikan

Sembilan Tim PKM Unand Dikirim ke Bali

Padang, Prokabar — Universitas Andalas mengirimkan Sembilan tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang ke 32 di Universitas Udayana Bali 27 hingga 31 Agustus 2019.

“Kesembilan tim ini akan berangkat besok menuju Bali,” ungkap Dr. Eng Rahmadi Kurnia asisten Wakil Rektor III Universitas Andalas.

Dikatakannya Sembilan ini terdiri dari 27 mahasiswa, dimana disetiap tim terdapat beberapa mahasiswa dan akan didampingi oleh dosen pembimbing masing-masing.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Sembilan proposal yang lolos PIMNAS ini yakni MASS “Machine-Stopping System” Solusi Otomatis untuk Menghindari Kelebihan Muatan pada Kendaraan, Si Buyuang (Ensiklopedia Budaya Minangkabau) sebagai Penunjang Belajar Mengajar Budaya Alam Minangkabau, Barcode DNA “Bonita” (Panthera tigris sumatrae) Sebagai Acuan Konservasi Harimau Sumatera), Efek Ekstrak Fukosantin dari Mikroalga Scenedesmus dimorphus terhadap Aktivitas Anti-Obesitas.

Kemudian Efesiensi Penggunaan Pupuk Menggunakan Spesies LCC Lokal di Perkebunan Kelapa Sawit Kabupaten Dharmasraya, Modifikasi Zat Warna Kerangka Sianidin untuk Meningkatkan Performa Dye Sensitized Solar Cells.

Selanjutnya Penjernihan minyak biji karet dengan menggunakan berbagai konsentrasi bentonit yang diaktivasi dengan asam sulfat (h2so4), Produk Bakteriosin dari Probiotik Virgin Coconut Oil (VCO) Fermentasi sebagai Pengawet Alami Ikan Basah pembimbing dan FATIMAH (Fast Tea Pickers Machine) Solusi Permasalahan Pemetikan Teh di Kabupaten Solok.

Ia juga mengatakan telah melakukan berbagai persiapan dan pembinaan kepada mahasiswa-mahasiswa yang akan mengikuti PIMNAS ini oleh Dosen Pembimbingnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc mengatakan PIMNAS itu (menjadi) upaya dalam membangun SDM Unggul dan utuh dalam arti mahasiswa berkompetisi tidak dalam kemampuan hard skill saja tetapi juga soft skilldan aspek-aspek lain terkait leaderhsip.

Dikatakannya sesuai dengan tema yang diusung saat ini yaitu “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan”.

Menurutnya melalui PIMNAS inilah semua ide, konsep dan karya-karya mahasiswa dipertemukan, dipersentasikan, dibahas dan dinilai oleh dewan juri kemudian diterapkan dan diaplikasikan ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Selain itu, ia menyampaikan dalam PIMNAS kepercayaan diri menjadi hal yang sangat penting. “Kepercayaan diri akan muncul kalau kita menguasai materi,” jelasnya.

Ia berharap kesembilan tim ini mampu mendapatkan hasil terbaik, pasang niat dengan baik dan diskusikan dengan dosen pembimbing kalau ada hal-hal yang masih diragukan.

Disampaikannya tahun sekarang Universitas Andalas hanya mengutuskan beberapa tim (judul) dibandingkan tahun kemarin karena PIMNAS juga melibatkan Perguruan Tinggi Swasta sehingga Perguruan Tinggi penerima menjadi lebih banyak sedangkan dana yang tersedia sama.

“Peserta PIMNAS ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti), yang terdiri dari 70 Perguruan Tinggi Negeri dan 56 Perguruan Tinggi Swasta yang akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai oleh 71 orang juri,” ujarnya.

Ia berpesan untuk tetap menjaga kekompakan, kebersamaan serta disiplin diri dan yang paling penting menjaga nama baik universitas. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top