Pendidikan

Selesaikan Studi Program Darmasiswa, Empat Mahasiswa Asing Lanjutkan Pendidikan di Unand

Padang, Prokabar — Sebanyak sembilan mahasiswa asing yang mengambil program Darmasiswa di Universitas Andalas telah menyelesaikan studinya yang dimulai semenjak September tahun lalu.

“Kesembilannya tersebut berasal dari Chech Republik, Madagasgar, Bulgaria dan Slovakia,” ungkap Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional Universitas Andalas Vonny Indah Mutiara.

Kepala UPT Layanan Internasional Universitas Andalas mengatakan dari kesembilan tersebut enam diantaranya berasal dari Madagascar.

Disebutkannya adapun mahasiswa tersebut yakni Krystina Novakava (Check Republic), Desislava Raykova (Bulgaria), Ludovit Barkovky (Slovakia), Mangasoa CathyStevy (Madagascar), Randrianiaina Jaona Eddie (Madagascar), Randrianirina Leonel Juliano (Madagascar), Kasaka Soazara Alexia (Madagascar), Rajaonarivelo Berthin (Madagascar) dan Razafindrakoto Hery Soa Carinah (Madagascar).

Lebih lanjut ia menjelaskan program ini merupakan program beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. “Di Universitas Andalas sendiri program ini sudah terselenggara semenjak tahun 2009,” sambungnya.

Sementara itu dari kesembilan tersebut dikatakannya empat diantaranya memilih melanjutkan pendidikannya di Universitas Andalas.

“Ada yang mengambil program studi (Prodi) Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan ada juga yang mengambil Prodi Sastra Inggris FIB,” ujarnya.

Ia juga mengatakan saat ini sudah mendaftar 11 orang mahasiswa asing yang juga akan mengambil program Darmasiswa Universitas Andalas tetapi yang akan diterima hanya Sembilan orang.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Endry Martius, mengatakan tujuan dari program ini adalah untuk mempromosikan dan meningkatkan minat dalam bahasa dan budaya Indonesia di kalangan pemuda dari negara lain.

“Dengan kehadiran mereka juga terjadi pertukaran budaya, baik budaya dari mereka maupun juga budaya dari daerah kita sendiri (Indonesia),” jelasnya.

Ia juga berharap produk sampingan dari program ini yaitu adanya akulturasi beberapa dari mahasiswa asing ini terjalin ikatan keluarga melalui pernikahan dengan orang Indonesia khususnya Sumatera Barat.

Disamping itu, ia juga akan terus memperbaiki dan meningkatkan fasilitas yang ada, karena kedepannya Universitas Andalas akan menerima mahasiswa asing dalam setahunnya sebanyak 40 orang.

Kemudian ia mengucapkan selamat dan sukses kepada yang telah menyelesaikan program ini berharap saat berada di Negara asal agar dapat mempromosikan atau menjadi duta Indonesia sehingga semakin mempererat hubungan Diplomatik Indonesia dengan negaranya.

Selanjutnya bagi mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya di Universitas Andalas dikatakannya untuk tetap semangat berjuang dan berharap semoga cepat dan sukses dalam menyelesaikan pendidikannya. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top