Pendidikan

Rektor Unand Ingatkan Mahasiswa Baru Tak Terlibat Narkoba dan LGBT

Padang, Prokabar — Rektor Universitas Andalas mengingatkan kepada mahasiswa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan berkualitas.

Hal tersebut disampaikannya saat mahasiswa baru mengikuti pembekalan Karakter Andalasian di gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang, kemarin (24/7) dan juga pembekalan wawasan kebangsaan di gedung Convention Hall.

Ia juga mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi warga Universitas Andalas kepada mahasiswa baru yang juga dihadiri oleh segenap pimpinan mulai dari Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kabiro hingga Kabag.

Dikatakannya mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN merupakan hasil seleksif  karena tidak semua mahasiswa yang mendaftar diterima melalui jalur ini.

Lebih lanjut, ia menyampaikan kalau diliat Sumber daya manusia penduduk indonesia paling banyak tamatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan hanya 11% yang tamatan perguruan tinggi.

“Bahkan jika dibandingkan dengan Negara tetangga Malaysia kita sudah tertinggal, mereka sudah 23%,” ujarnya.

Maka dari itu, ia menekankan yang 11% ini harus berkontribusi dalam memajukan bangsa Indonesia.

Menurutnya kualitas sumber daya manusia akan berpengaruh terhadap produktivitas dan daya saing.

Dikatakannya pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, kuliah tamat tepat waktu, S1 delapan semester dan tamat berkualitas/berprestasi tidak hanya prestasi dibidang akademik tetapi juga non akademik/softskill.

“Jangan sampai mengecewakan keluarga dan orangtua, institusi serta Negara,” sambungnya.

Dalam peraturan akademik Universitas Andalas akan terus melakukan evaluasi dalam empat semester, ditekannkannya jangan sampai Indek Prestasi Komulatif (IPK) kurang dari 2.0 dan SKS yang diambil kurang dari 40 SKS.

“Bahkan ada senior saudara yang tamat 7 semester dengan IPK diatas 3.0,” ungkapnya.

Disamping itu, Ia juga mengingatkan jangan pernah untuk terlibat dan mendekati narkoba, kalau sudah terlibat narkoba maka masa depan akan suram serta juga untuk tidak terlibat Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT).

(rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top