Pendidikan

Pemanfaatan TIK Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Gorontalo, Prokabar — Direktur Pengelolaan Media, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Siti Meiningsih mengungkapkan teknologi informasi saat ini ibarat dua sisi mata uang, di satu sisi dapat menjadi kebaikan namun tak jarang dapat juga digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

“Kementerian Kominfo melalui Ditjen IKP terus menerus melaksanakan literasi media agar IT dapat digunakan untuk hal-hal positif dan produktif,” kata Meiningsih dalam seminar nasional dan diskusi publik Pemanfaatan TIK Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat, di Gorontalo, Minggu (16/9).

Hadir narasumber Djobi Nento (Sekda Pohuwato), H. Elnino M. Husein Mohi (Anggota Komisi 1 DPR RI) dan Nurul Syamsu Panna (Founder Desa Digital Lamahu).

Staf Khusus Bidang Komunikasi Kemkominfo Deddy Hermawan menambahkan, perkembangan IT yang cukup tinggi dirasa akan memberikan efek positif bagi masyarakat jika literasi media digital dilakukan secara bersamaan.

“Sangat diharapkan perkembangan IT dapat diimbangi dengan pemanfaatan peningkatan pendapatan ekonomi mereka,” ujarnya.

Menurutnya, Kominfo melakukan beberapa pembinaan untuk generasi muda berupa 1000 startup dan Nexticor untuk menjaring talenta talenta muda yang tertarik untuk menjadi pengusaha start up.

“Gorontalo sendiri masih mendorong penetrasi IT dengan dengan memberikan inovasi-inovasi aksesibilitas internet pada masyarakat, seperti  akses internet kepada 200 sekolah dan inisiasi pengembangan Kawasan Nelayan Digital di sepanjang jalur pantai selatan Gorontalo,” ujarnya. (*/hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Berikan Komentar

To Top