Trending | News | Daerah | Covid-19

Kuliner

Niro Talua, Minuman Khas Nagari Andaleh Baruah Bukik yang Dipercaya Mampu Menambah Stamina

Dibaca : 222

Tanah Datar, Prokabar – Nagari Andaleh Baruah Bukik di Kecamatan Sungayang Tanah Datar dikenal sebagai penghasil air niro atau air yang diambil dari pohon aren. Pasalnya, di nagari tersebut memang dikenal banyak memiliki pohon aren.

Karena banyaknya pohon aren di daerah itu membuat warga setempat berinisiatif menjadikan pohon tersebut sebagai ladang mata pencarian mereka. Ada yang dibuat Gula Aren, Saka, Gula Semut, dan lainnya.

Ada juga yang memanfaatkan buah aren menjadi kolang-kaling. Biasanya untuk kolang kaling diproduksi saat bulan Ramadhan tiba.

Namun saat ini, air niro juga diolah atau dikalaborasikan dengan telur atau dikenal juga dengan Niro Talua.

Minuman ini baru dibuat sejak lima belas tahun lalu. Namun, lima tahun belakangan minuman ini semakin tenar di kalangan pencari kuliner yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Hernalis, pembuat minuman Niro Talua mengatakan, minuman Niro Talua mulai banyak diburu masyarakat sekitar lima tahunan terakhir. Banyak pengunjung baik dari Tanah Datar maupun luar Tanah Datar mendatangi Andaleh Baruah Bukik untuk meneguk segelas niro talua.

Hernalis berkata, awalnya ia hanya menjual air niro saja. Kemudian dicoba-coba digabungkan dengan telor itik.

“Awalnya dicoba-coba saja karena saran dari warga yang sering minum di kedai saya ini. Setelah saya coba buat, ternyata memang diminati pembeli. Memang pada awalnya cuma hanya masyarakat kita di sekitaran ini yang tahu, tapi sekitar lima tahun belakangan mulai banyak didatangi masyarakat luar, bahkan ada yang datang dari Malaysia dengan menggunakan mobil pariwisata,” katanya.

Menurutnya, yang menjadi daya tarik hingga dikenalnya minuman niro talua di kalangan masyarakat selain karena unik dan khasiatnya, minuman itu hanya ada di Nagari Andaleh Baruah Bukik.

Minuman Niro Talua terbuat dari bahan utama air niro murni dan telor itu memiliki banyak khasiat diantaranya menambah stamina, memulihkan konsentrasi, menyehatkan jantung dan kulit, dan lainnya. Hampir mirip dengan Teh Telor, pembuatan Niro Talua juga terlebih dahulu telornya dikocok kemudian baru diberi air Niro.

Ia mengaku saat ini bisa menghabiskan dua galon air nira dalam satu hari untuk dikonsumsi, satu gelas air nira murni dihargai seharga Rp 4 ribu. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top