Trending | News | Daerah | Covid-19

Kuliner

Kental dan Nikmat, Cita Rasa Katupek Pitalah Nan Menggugah Selera

Dibaca : 390

Tanah Datar, Prokabar – “Katupek Pitalah” merupakan salah satu kuliner legendaris dan banyak diminati masyarakat Minangkabau. Pitalah sendiri merupakan sebuah nama wilayah yang berada di bagian selatan Kabupaten Tanah Datar.

katupek pitalah kuliner sederhana yang terdiri dari gulai yang berisi sayur lobak, nangka dan rebung. Namun ciri khas dari katupek pitalah yakni kuahnya yang kental dan nikmat.

Penyajiannya katupek pitalah pun tergolong unik. Katupek yang terbungkus daun kelapa ini dibelah bagian tengahnya saja tanpa harus dipotong-potong, kemudian disajikan dengan gulai sayur dan menariknya lagi tanpa diberi kerupuk merah yang biasa kita temui di jajanan lainnya.

Nurullita Azizi, salah seorang pedagang ketupek pitalah menyebutkan, jika ia berdagang katupek pitalah meneruskan warisan sang nenek. Dalam arti kata, warung katupek pitalahnya sudah berdiri sejak 45 tahun yang lalu.

“Kami asli orang pitalah, seiring berjalannya waktu, warung katupek pitalah ini dilanjutkan oleh anak cucu beliau, termasuk saya,” ujar cucu nenek Nuraini, Nurullita Azizi.

Jika ingin merasakan nikmatnya Katupek Pitalah ini, anda cukup merogoh kocek Rp8.000 saja. Jika porsi makan anda hanya sedikit, anda juga dapat menikmati katupek pitalah setengahnya, dengan harga Rp5.000 saja.

Katupek Pitalah tidak hanya dapat kita jumpai di Sumbar, melainkan juga di daerah lain di Indonesia.

“Selain itu Katupek Pitalah ini juga sudah membuka cabang di daerah Bekasi tepatnya di SPBU Jalan Baru Underpass Suren Jaya Bekasi Timur, jadi masyarakat ataupun perantau kita masih bisa menikmatinya disana,” jelasnya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top