Trending | News | Daerah | Covid-19

Kriminal

Ngeri, Polda Jatim Ungkap Kasus Prostitusi Sejenis

Dibaca : 346

Surabaya, Prokabar — Polda Jatim melalui Subdit Siber Ditreskrimsus berhasil mengungkap kasus prostitusi sejenis atau homoseksual. Pengungkapan kasus diketahui polisi dari laporan korban yang diperas dengan sejumlah uang atas perbuatan asusila dengan sesama jenis yang dilakukan oleh pelaku bernama Supriyadi (29).

Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan, didampingi Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera dan Dirreskrimsus Kombes Ahmad Yusep Gunawan menegaskan, dalam melakukan modus operandi tersangka melakukan tindak pidana dengan cara membuat video tanpa sepengetahuan korban. Rekaman video tersebut digunakan untuk memeras korbannya degan ancaman akan menyebarkan video tersebut kepada rekan kerja dan keluarga korban.

“Dari ancaman itu, pelaku Supriyadi alias Andre atau Lorenzo meminta uang pada pelapor sebesar Rp 700 juta dan baru ditransfer Rp 5 juta oleh korban. Lalu dilaporkan oleh korban ke Polda Jatim,” jelas Kapolda pada JNR, Rabu (21/11) kemarin.

Pelaku lalu tertangkap di Apartemen Educity Stamford 1001 Surabaya dan digiring di Unit II Subdit V Siber, Ditreskrimsus, Polda Jatim untuk menjalani pemeriksaan. Kepada petugas, Supriyadi mengaku sering menjajakan korban yang berjenis kelamin pria untuk melayani hubungan seksual sesama jenis.

“Korban ini dijual dengan tarif Rp 2,5 juta untuk dalam kota dan luar kota bisa mencapai Rp 20 juta. Setiap minggu bisa dapat order sampai 4 kali. Anggota masih terus melakukan pengejaran tersangka yang lain karena pelaku diduga memiliki komunitas,” jelas Irjen Luki.

Pelaku yang merupakan warga veteran Gang Sawah RT 005/RW 001, Desa Mbangkal, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban itu kini ditahan di Mapolda Jatim. Adapun barang bukti yang disita berupa dua ponsel dan copy screenshot chat pelapor (korban) dan tersangka dan sejak tahun 2012.

Kapolda mengimbau masyarakat untuk menginformasikan kepada polisi, bila ditemui hal menyimpang dan melanggar hukum. “Bila masyarakat ada yang mengetahui seperti ini, jangan takut untuk melaporkan ke kami,” ujar jenderal polisi bindang dua tersebut. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top