Ramadhan

Naqsabandiyah, Sumbar Mulai Puasa Hari Ini

Padang, Prokabar

Kapan Anda mulai berpuasa? Terserah saja. Yang pasti jamaah Tarekat Naqsabandiyah, Sumbar mulai melaksanakan puasa Ramadhan 1439 Hijriah Selasa. Shalat tarawih pertama mereka, Senin (14/5) malam.
Keyakinan jamaah ini merujuk pada ilmu yang mereka pelajari sejak lama. “Kami mengambil berdasarkan hisab berdasarkan malam saat Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah,” kata pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumbar, Syafri Malin Mudo di Padang, Selasa.

Perhitungannya, kata dia, dihitung saat Rasulullah hijrah pada Rabu petang, dan malam Kamis. Artinya satu hari puasa dihitung berdasarkan malam Nabi hijrah. Setiap tahun Hijriah puasa digenapkan hingga 30 hari. Lalu ditambah puasa sunat pada awal Syawal.
Idul Fitri akan jatuh pada 1 Syawal tepatnya 13 Juni 2018. Untuk tarawih, shubuh dan Idul Fitri akan dipusatkan di Mushalla Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh Padang. Dia menegaskan Naqsabandiyah tidak memiliki perbedaan dengan tarekat mana pun dan semua bebas ikut shalat tarawih atau shubuh berjamaah.
Warga Minangkabau menghormati perbedaan itu. Selama ratusan tahun satu sama lain menjaga ukhuwah islamiyah. (*/nrs)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top