Pendidikan

Mahasiswa SNMPTN Unand Ikuti Pelatihan Karakter Andalasian dan Wasbang

Padang, Prokabar — Mahasiswa baru Universitas Andalas jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengikuti pelatihan Karakter Andalasian dan Pemantapan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) serta Bela Negara.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru jalur SNMPTN calon pemimpin bangsa kedepannya.

Ia menyampaikan begitu banyak lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, namun hanya sedikit yang berhasil melewati proses saringan.

“Anda adalah orang yang beruntung bisa melewati saringan tersebut dari sekian banyak orang yang mendaftar di Universitas Andalas,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan keinginan untuk membuka kesempatan yang seluas-luasnya namun kemampuan daya tampung Universitas Andalas saat ini membatasinya, disamping untuk menjaga kualitas proses dan lulusan mengharuskannya melakukan seleksi ketat.

Dikatakannya traning karakter andalasian merupakan langkah awal untuk membuka jalan dalam program pembangunan karakter di Universitas Andalas.

“Dalam karakter ini, mahasiswa akan diperkenankan mengenai nilai-nilai luhur karakter yang dipilih Universitas Andalas untuk ditumbuhkembangkan, terinternalisasi dalam setiap pribadi,” terangnya.

Ia berharap nantinya para mahasiswa menjadi manusia berkarakter yang mampu membawa angin segar perubahan lingkungan manapun berada dalam rangka menuju kedjayaan bangsa.

Selain itu mengikuti Pelatihan Karakter Andalasian mahasiswa baru Universitas Andalas juga mengikuti Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dengan bekerjasama dengan KOREM 032 Wirabraja.

Pelatihan ini diharapkannya dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan bela Negara serta cinta terhadap tanah air.

Dikatakannya ada tiga kegiatan yang akan diikuti oleh mahasiswa baru Universitas Andalas yakni Pelatihan Karakter Andalasian, Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Orientasi Proses Belajar Mengajar (OPBM).

Terkait dengan Pelatihan Karakter Andalasian disampaikannya sudah dibuka secara langsung kemarin, di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang dan hari ini pembukaan Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (21/5) yang juga dihadiri oleh Komandan Resort Militer 032/Wirabraja Bigjend TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP.

“Pelatihan Karakter Andalasian berlangsung selama dua hari untuk setiap gelombangnya sesuai dengan nomor Buku Pokoknya (BP) ganjil dan genap sedangkan untuk Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara pelatihannya hanya dilaksanakan sehari (pagi-sore) sesuai dengan no BP,”terangnya.

Ditambahkannya untuk mahasiswa jalur SBMPTN akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang dan Agustus untuk Mandiri sama Diploma. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top