Pendidikan

IAIN Batusangkar Akan Bertransformasi Menjadi UIN Tahun 2020

Tanah Datar, Prokabar – Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA. kukuhkan 125 wisudawan wisudawati program Pascasarjana (S2), Sarjana (S1) dan Diploma III (D3) pada Rapat Senat Terbuka wisuda angkatan VIII periode II tahun 2019, Rabu (31/7).

Kasmuri mengungkapkan, jika wisuda tahun 2019 adalah wisuda teristimewa yang pernah ada di IAIN Batusangkar. Hal ini ditandai dengan jumlah wisudawan yang meningkat setiap tahunnya.

Sebanyak 125 orang wisudawan terdiri dari 5 orang lulusan Program Pascasarjana (S.2), 118 orang lulusan Program Sarjana (S.1) dan 2 orang lulusan Program Diploma III. Yang tersebar di 18 Jurusan Sarjana dan 2 Program Studi Pascasarjana.

“Akibat lonjakan jumlah wisudawan itu maka civitas akademika melalui rapat senat dan dengan beberapa pertimbangan memutuskan bahwa pada tahun 2019 dan seterusnya pelaksanaan wisuda dilaksanakan 3 kali dalam setahun,” ucap Kasmuri di hadapan wisudawan dan tamu undangan.

Ia melanjutkan jika selang 4 tahun setelah menjadi IAIN, maka di pertengahan tahun 2019 ini IAIN Batusangkar berkeinginan kuat untuk bertransformasi atau beralih status dari IAIN Batusangkar menjadi UIN Batusangkar. Berbekal dengan segala sumber daya yang ada, serta capaian prestasi yang diraih, maka dengan penuh keyakinan dan percaya diri yang tinggi, pada pertengahanan tahun 2019 IAIN Batsuangka bertekad untuk mengusulkan peralihan status dari IAIN menjadi UIN Batusangkar ke pemerintah pusat.

“Untuk mewujudkan keinginan menjadi UIN, maka saat ini IAIN Batusangkar sedang melengkapi beberapa persyaratan, termasuk dukungan dari beberapa stakehoders, mulai dari Bupati Tanah Datar, Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, serta Rektor dari perguruan tinggi Negeri di Sumatera Barat, dari stakehoders tersebut kita sudah dapatkan surat dukungan dan rekomendasi alih status tersebut. Dengan ditandatanganinya dukungan dan rekomendasi dari pemerintah daerah serta perguruan tinggi negeri lainnya, maka IAIN Batusangkar merasa yakin untuk bisa bertranformasi menjadi UIN Batusangkar,” tegas rektor

Dengan bangga Kasmuri mengatakan jika IAIN Batusangkar juga sudah menggantongi Akreditasi “A” sebanyak 7 Jurusan. Sementara, pada segi peminat/pendaftar adanya peningkatan yang drastis, dimana tahun ini sudah tercatat 11.125 calon mahasiswa yang terdaftar, semetara daya tampung kampus hanya 2.000-an orang mahasiswa tiap tahun nya.

Disisi lain, dari aspek pengembangan sarana fisik/bangunan, tahun 2019 IAIN juga tengah proses membangun gedung auditorium dan pusat kegiatan mahasiswa dengan kapasitas 3.000 daya tampung.

Pada wisuda ke VIII tahun 2019, IAIN Batusangkar juga memberikan penghargaan kepada enam (6) wisudawan/ti lulusan terbaik yakni Program Pascasarjana diraih oleh, Fitra Nirwan Prodi Ekonomi Syariah IPK (3.96). Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan diraih oleh Syahru Fitra Hakiki IPK (3,92) Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Sedangkan pada Fakultas Syariah diraih oleh Maratul Husna IPK (3,75) Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah diraih oleh Anike Putri IPK (3,24) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ekomoni dan Bisnis Islam diraih oleh Liza Zulhayati IPK (3,77) Jurusan Perbankan Syariah dan lulusan terbiak Diploma III yaitu Mega Enggriani IPK (3,35), Selain itu rektor juga memberikan penghargaan kepada 14 orang peneliti Terbaik, yang berasal dari masing-masing jurusan.(eym)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top