Pendidikan

Hebat. SMA 2 Lintau Buo Bakal Terapkan Sistem E-Digital

Tanah Datar, Prokabar – Guna memberikan kemudahan informasi dan efisiensi pendidikan, SMA 2 Lintau Buo akan mulai menggunakan aplikasi snaapp dalam proses menajamen sekolah.

Kepala SMA 2 Lintaubuo Irda Suryani mengatakan, Snaapp adalah sebuah aplikasi yang menggunakan sistem komputasi awan (cloud system) yang bertujuan untuk membantu sekolah dan guru berkomunikasi dengan orang tua murid secara efektif, intensif dan realtime. Serta, memudahkan guru dalam melakukan pekerjaan administratif khususnya bagian kesiswaan.

“Keuntungan dari aplikasi snaapp sendiri diantaranya dapat mengganti penggunaan absensi manual menjadi absensi digital via smartphone. Notifikasi ketidak hadiran siswa di sekolah akan langsung masuk ke smartphone orang tua siswa yang bersangkutan,” ujar Irda Suryani saat di temui di SMA 2 Lintau Buo.

Irda menyebutkan, melalui aplikasi snaapp ini juga dapat merekap laporan kehadiran siswa yang diunduh di dahsboard dalam bentuk excel. Aplikasi ini berbasis GPS dengan radius 5 kilometer, kemudian melalui aplikasi ini juga dapat mengetahui kehadiran guru dan staf.

“Rencana dalam waktu dekat kita akan aplikasikan penggunaan aplikasi ini. Jika diizinkan, maka kita adalah sekolah pertama di Sumatera Barat yang menggunakan aplikasi ini. ini memberikan kemudahan bagi kita untuk memantau kondisi dan informasi yang ada di sekolah meskipun kita sedang dinas di luar,” sebutnya

Irda juga mengatakan, jika selain memberikan kemudahan pemantauan, melalui pemanfaatan digital ini juga memberikan dampak komunikatif antara murid dengan murid, guru dengan murid, guru dengan guru dan tidak kalah penting antara pihak sekolah dan orang tua.

“Nah, jadi dalam penerapannya, setiap orang tua akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi terkait masuk atau tidaknya anaknya ke sekolah. Aplikasi ini memiliki GPS yang terdapat disetiap siswa yang memiliki akun dengan radius 5 kilometer, jadi dimana siswa dapat kita ketahui keberadaanya,” tambah Irda

Dengan menggunakan aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam pekerjaan setiap guru dan staf.

“Jika seandainya kita tidak di sekolah dan ada yang harus ditandatangani bisa melalui aplikasi ini,” jelasnya.

Sementara itu, Rosfairil, Koordinator Pengawas SMK/SMA Tanahdatar Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat mengatakan, jika program aplikasi snaapp ini tengah disosialisasikan kepada pihak sekolah-sekolah SMA sederajat di Tanah Datar.

Penerapan apliakasi ini nantinya juga harus mendapatkan payung hukum dan berkordinasi dengan dinas pendidikan provinsi Sumatera Barat, agar sekolah dikemudin hari tidak tersandung persoalan.

“Keuntungan lainnya juga menghemat kertas. Dimana absensi siswa dapat melalui aplikasi ini begitu juga dengan guru dan staf. Jadi ini juga memberikan kemudahan bagi orang tua untuk memantau anaknya. Apakah anaknya Cuma sampai ke warung atau memang ke sekolah,” terang Rosfairil. (eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top